Search
Generic filters
Exact matches only

Lakukan Ini Saat Kulit Telapak Tanganmu Mengelupas

0
8 months ago

Kulit mengelupas sering dialami sebagian orang tanpa sebab dan terjadi di beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami pengelupasan adalah telapak tangan. Sebenarnya kulit mengelupas merupakan hal alami dan normal karena lapisan kulit akan melakukan regenerasi setiap dua minggu. Dalam dunia media, pengelupasan kulit seperti ini disebut desquamation.

Walau terjadi secara alami, ada beberapa hal yang sering menyebabkan kulit mengelupas terutama kulit telapak tangan. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

Kulit kehilangan kelembapan. Ini biasanya terjadi di cuaca dingin. Selain itu kulit juga rentan kering jika terlalu sering berada di ruangan ber-AC juga jika terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Jika kamu merasa penyebab kulit telapak tanganmu mengelupas karena penyebab di atas kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembab kulit berbahan dasar krim atau gel yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar kelembaban kulit selalu terjaga.

Terlalu sering mencuci tangan dengan sabun. Ketika mencuci tangan menggunakan sabun, minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit akan menghilang dan mengakibatkan kulit cepat kering. Sabun juga dapat menyerap lapisan kulit yang lebih sensitif sehingga dapat mengakibatkan iritasi. Untuk mengatasinya, cuci tangan seperlunya saja dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kulit dan memiliki kandungan untuk melembabkan kulit agar kulit tidak mudah mengelupas.

Sering terpapar bahan kimia keras. Saat ini juga banyak bahan kimia tertentu yang dicampurkan pada pelembab yang bisa menyebabkan iritasi kulit hingga mengelupas. Bahan kimia tersebut diantaranya salep antibakteri, ormaldehid, dan isothiazolinones cocamidopropyl betaine. Agar tidak semakin iritasi dan mengelupas gunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar alami dan baik untuk kulit sensitif. Selain itu biasakan juga untuk selalu mencari tahu kandungan dari produk kecantikan yang kamu gunakan.

Terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Kulit yang terbakar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi merah kemudian mengelupas. Untuk mengatasinya dapat menggunakan pereda nyeri atau mengompres area yang terluka dengan air dingin. Selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Nah, pastikan kelembaban kulit kamu selalu terjaga dan gunakan produk alami yang aman bagi tubuh. Jika kulit mengelupas di beberapa bagian tubuh dan terus meluas sebaiknya kamu segera periksa ke dokter agar dapat ditangani sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode