Search
Generic filters
Exact matches only

Lakukan Langkah-Langkah Di Bawah Ini Jika Menemukan Orang Pingsan

0
6 months ago

Pingsan bisa terjadi kapan pun, di mana pun, dan dialami oleh siapa pun. Terkadang seseorang yang pingsan akan membuat panik orang di sekitarnya. Pingsan merupakan kondisi dimana seseorang tidak sadarkan diri selama beberapa saat. Hal tersebut karena kurangnya asupan darah ke otak sehingga membuat hilangnya kesadaran untuk sementara.

Saat melihat ada orang pingsan, kita tidak boleh panik. Orang yang pingsan tentunya memerlukan pertolongan medis dengan segera, apalagi bila dibarengi dengan kejang-kejang. Namun sebelum tim medis belum datang untuk menolong, ada baiknya kita melakukan pertolongan pertama terlebih dulu.

Berikut merupakan Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menolong orang yang pingsan sebelum petugas medis tiba.

Pindahkan orang yang pingsan ke tempat yang lebih aman dan di permukaan yang rata, lalu kemudian baringkan. Pingsan dalam keadaan duduk juga harus dibaringkan.

Periksa pakaian yang melekat di tubuh korban. Jika ada pakaian yang ketat segera dilonggarkan. Tujuannya agar sirkulasi udara korban kembali lancar dan dapat bernapas dengan mudah. Jangan kerumuni orang yang sedang pingsan.

Baringkan korban dengan posisi kaki lebih tinggi 30 cm dari dada. Tujuannya agar aliran darah dapat mengalir kembali ke otak.

Periksa respon korban dan cek denyut nadi. Jika denyut nadi melemah artinya ada gangguan serius pada tubuh korban.

Coba bangunkan korban dengan memanggil, menepuk-nepuk atau menggoyangkan tubuh korban.

Saat korban sadar, segera beri minuman manis untuk meningkatkan gula darah dan mengembalikan energi tubuh.

Setelah sadar, orang yang pingsan tidak disarankan untuk langsung berdiri. Biarkan beristirahat selama 10-15 menit agar tidak pingsan lagi atau mengalami pusing.

Jika tetap tidak sadarkan diri hingga beberapa menit, pastikan pernapasan dan denyut nadi terus terdeteksi. Jika tidak, korban perlu diberi napas buatan dan CPR sampai sebelum petugas medis tiba.

Setelah mengetahui Langkah-langkah untuk menolong orang yang pingsan, jangan ragu untuk memberikan pertolongan pertama sampai pertolongan medis tiba. Karena dengan pertolongan pertama yang dilakukan secara tepat dapat membuat orang yang pingsan bisa merasakan kondisi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode