Search
Generic filters
Exact matches only

Landak Laut – Bulu Babi

0
6 months ago

Coba kalian lihat sesuatu  pada gambar di atas, apakah kalian mengetahui apakah itu? Bola berduri? Benda berduri? Atau Tumbuhan berduri?. Jika kalian yang sering bermain ke pantai, tentunya kalian tak asing dengan ini. Ya, dia adalah Landak laut atau yang sering dikenal dengan sebutan bulu babi. Landak laut atau disebut juga bulu babi merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Walaupun memiliki bentuk yang lucu, namun banyak manusia yang membenci hewan ini. Hal itu dikarenakan apabila manusia menginjak atau tertusuk bulu atau duri pada hewan ini maka bisa dipastikan  orang tersebut akan mengalami gatal-gatal, pegal, perih, dan nyeri di sekujur tubuh. Walaupun efeknya memang tak langsung terasa, tapi saat racun hewan laut ini mulai menyerang, bagian sekitar tubuh yang telah tertusuk duri pun terasa gatal-gatal. Bila tidak segera ditangani, orang tersebut akan merasakan rasa gatal yang berkepanjangan dan bahkan bisa lebih dari 10 hari.  Jika kalian tersengat racun bulu babi, kalian  bisa mengobatinya dengan cara tradisional yaitu dengan dengan menyiramkan cairan air seni (air kencing) karena mengandung amonia alami yang berguna untuk meminimalisir dan menguraikan racun-racun tersebut.

Namun di zaman modern seperti  saat ini, sudah ditemukan salep atau obat antiseptik untuk perawatan yang lebih maksimal. Walaupun dianggap merugikan oleh kebanyakan masyarakat di sekitar pantai, fakta uniknya adalah ekstrak bulu babi mengandung senyawa bioaktif golongan steroid, triterpenoid, dan saponin. Ketiga golongan senyawa tersebut berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Dan  hewan ini juga dikenal sebagai salah satu hewan yang menjadi indikator rusaknya ekosistem terumbu karang sehingga apabila ada hewan ini di perairan lautan kalian itu artinya kondisi terumbu karang di lautan tersebut masih baik dan terjaga.

Pada umumnya, mereka mempertahankan hidup dengan memakan alga dan partikel organik, serta menggunakan duri di sekujur tubuhnya untuk bergerak, melindungi diri, dan mencari makanan. Binatang ini terbagi menjadi kurang lebih 1000 spesies dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5 Kilometer. Dari keseluruhan yakni ratusan spesies tersebut, 84 diantaranya berada di Negara tercinta kita Indonesia. Hewan yang memiliki nama latin Echinoidea Ini memiliki ciri ciri khusus yaitu Ukurannya yang hanya mencapai kurang lebih 10  sentimeter, memiliki gigi-gigi yang berjumlah sedikit dan rapuh atau tidak terlalu kuat dan hampir mirip dengan landak darat yaitu  memiliki duri-duri di seluruh tubuhnya yang dapat digerakkan sebagai alat perlindungan diri dari ancaman predator. Hewan ini tergolong omnivora karena memakanan tanaman seperti alga, ganggang dan rumput laut bahkan hingga hewan atau ikan laut yang berukuran kecil.  Apakah kalian menyukai hewan lucu namun beracun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode