Search
Generic filters
Exact matches only

Lari VS Bersepeda, Olahraga Kardio Mana yang Lebih Baik?

0
6 months ago

Selain menjaga pola makan yang baik, berolahraga juga merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk kita lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga baik untuk orang yang sedang melakukan diet, karena dengan berolahraga dapat membantu membakar kalori yang ada di tubuh. Memilih jenis olah raga yang tepat akan memberi manfaat lebih optimal pada tubuh. Selain itu juga menghindarkan dari cidera akibat salah memilih jenis olah raga.

Salah satu jenis olahraga yang dapat dengan baik membakar kalori adalah olahraga kardio. Lari dan bersepeda merupakan dua jenis olahraga kardio yang sama-sama baik untuk membakar kalori. Walaupun kedua olahraga ini sama baiknya, efek yang ditimbulkan dari olahraga ini cukup berbeda.

Profesor di bidang Kinesiologi serta direktur di lembaga Cardiovascular Aging Research Laboratory, di University of Texas, Amerika, Dr. Hirofumi Tanaka mengungkapkan fakta perbedaan antara lari dengan bersepeda. Menurutnya, lari dan bersepeda sesungguhnya adalah dua jenis latihan kardio yang sama baiknya. Bedanya pada jumlah kalori yang dibakar.

Tanaka mengutip data American College of Sports Medicine, menunjukkan jumlah kalori yang terbakar dengan olah raga berlari lebih banyak dibandingkan bersepeda.

Seseorang yang memiliki berat badan 75 kg yang berlari cepat tujuh menit per mil akan membakar sekitar 1.000 kalori per jam. Kemudian orang yang sama mengayuh sepeda dengan kecepatan 16 hingga 19 mil per jam akan membakar sekitar 850 kalori.

Walau begitu, untuk kondisi tubuh tertentu, berlari memiliki risiko cidera lebih tinggi. Saat berlari, kedua kaki juga harus sekaligus menopang berat badan sepanjang perjalanan. Itulah yang menjadi penyebab risiko cidera saat berlari lebih besar dibandingkan bersepeda. Sementara bersepeda adalah jenis latihan kardio yang tidak melibatkan upaya untuk menahan beban. Beban tubuh sebagian besar sudah diambil alih oleh sadel sepeda. Dengan kata lain bersepeda adalah olah raga yang lebih aman untuk persendian kaki, terutama lutut.

Karena itulah Profesor Tanaka menyarankan seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau pernah mengalami cidera menetap pada kaki disarankan untuk tidak melakukan olah raga lari. Pilihan terbaik adalah bersepeda atau berjalan kaki.

Fakta-fakta yang diungkapkan oleh Profesor Tanaka tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian dalam memilih olahraga yang akan kalian lakukan. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh kalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode