Search
Generic filters
Exact matches only

Larry si Lobster Yang Lezat dan Bergizi

0
5 months ago

Apakah kalian pernah Cartoon yang  berjudul “SpongeBob SquarePants”? Di era tahun 2000an cartoon ini sangatlah populer. Salah satu tokoh dari  kartun tersebut yang paling terkenal adalah larry si Lobster.  Larry si Lobster adalah karakter sampingan berulang di serial SpongeBob SquarePants. Dia adalah seekor lobster merah besar yang berotot, vaskular dan yang merupakan pelindung umum dan penjaga pantai dari pantai Bikini Bottom yang sangat populer. Lobster atau yang sering kita kenal dengan nama spiny lobster (Panulirus sp) merupakan udang yang memiliki  ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan udang lainnya. Selain bentuk tubuh yang lebih besar, kerangka kulit lobster kaku, keras dan mempunyai zat kapur. Sedang udang kulitnya tipis, bening, tembus cahaya dan terdiri atas zat kitin.

Banyak yang tak mengira bahwa hewan ini memiliki bagian kepala yang sebetulnya merupakan gabungan kepala dan dada (chepalothorax), tertutup kerangka keras dari kapur, dengan postur besar menggembung dan pastinya beberapa pasang berduri tajam. Duri tajam pada bagian kepala tersebut memiliki nama yaitu sungut. Faktanya, Lobster mempunyai lima pasang kaki. Sepasang kaki yang pertama tidak membesar membentuk membentuk seperti capit yang kuat. Kaki memiliki fungsi untuk berjalan dan berenang sedangkan capit tentunya sebagai alat perlindungan atau pertahanan diri. Warna lobster yang biasa ditemui di pasaran adalah hijau sedikit tua dengan tekstur bergaris-garis putih melintang pada abdomennya. Tangkai sungut yang besar (sungut pertama) biasanya berwarna merah muda.

Sama seperti kepiting, ukuran lobster bervariasi, ada yang kecil, sedang, maupun besar. Ukuran tersebut tentunya akan mempengaruhi nilai jual atau harga lobster tersebut. Lobster memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, mulai dari ratusan ribu rupiah atau bahkan per ekornya ada yang dibandrol dengan harga jutaan bahkan belasan jutaan rupiah. Daging lobster adalah daging yang diambil dari dalam cangkang / kulit pelindung lobster. Karena memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang sangat tinggi, tak heran jika daging lobster sering digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan restoran elit di seluruh dunia. Beberapa diantaranya adalah hidangan lobster asam manis, lobster balado, sup lobster  dan lobster tepung crunchy.

Kandungan gizi yang terkandung pada Lobster antara lain kalori dan lemak, vitamin A, B6, dan B12, biotin, kalsium, zat besi, niacin, fosfor, protein. Kandungan yang ada pada daging lobster tersebut memiliki peran penting bagi dunia kesehatan, beberapa diantaranya adalah untuk mengatasi mencegah penyakit asma, alzheimer, kanker, jantung, stroke, dan lain nya. Namun, jika kalian tertarik untuk mencicipi kuliner lobster, tidak ada salahnya jika kalian mengecek kadar kolesterol di tubuh kalian, faktanya hampir sama dengan kepiting, bahwa daging lobster memiliki nilai kolesterol yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode