Search
Generic filters
Exact matches only

Lembah Harau, Bermula dari Kegaduhan dan Kepanikan Masyarakat Bukit Jambu

0
6 months ago

Ternyata tidak hanya Amerika Serikat saja yang mempunyai lembah yang sangat memesona, seperti Lembah Yosemite, tetapi Indonesia pun juga memiliki Yosemite nya sendiri, yaitu Lembah Harau. Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah yang sangat subur ini berada sekitar 138 km dari kota Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi. Bagi para pengunjung yang datang dari luar kota atau pulau pun tidak susah untuk mencapai lembah ini karena banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan mereka. Namun jika tidak ingin naik transportasi umum di Bukittinggi terdapat juga penyewaan minivan atau sepeda motor sebagai alternatif transportasi ke lembah ini.

Lembah Harau merupakan salah satu lembah terindah di Indonesia yang memiliki pemandangan luar biasa yang dikelilingi batu granit terjal dan berwarna-warni. Namun dibalik keindahan dan pesonanya ternyata ada kisah yang memilukan di baliknya. Dahulu para penduduk yang di atas Bukit Jambu sering terkena banjir dan tanah longsor yang pasti menimbulkan kegaduhan dan kepanikan, yaitu para penduduk sering berteriak histeris untuk meminta bantuan dan akhirnya mengakibatkan suara mereka menjadi parau. Oleh karena itu, nama ‘harau’ pada lembah itu diyakini berasal dari kata ‘parau’ yang artinya suara serak sebagai akibat kegaduhan dan kepanikan masyarakat Bukit Jambu kala itu.

Meskipun demikian, tidak mengurangi pesona dan keindahannya serta bisa dijadikan destinasi wisata apabila sedang berkunjung ke Sumatera Barat. Selain karena pemandangannya ternyata lembah ini juga mempunyai hal-hal menarik untuk dikunjungi, yaitu sebagai berikut.

  • Wahana

Penduduk di sekitar lembah membangun berbagai macam wahana dan mengelolanya dengan baik. Mereka menamakannya Harau Dream Park, yang terdiri dari balon terbang, sepeda melayang, dan lain-lain.

  • Sarasah Bunta

Selain tebing, lembah ini juga memiliki air terjun ‘Sarasah Bunta’ yang sangat indah.

  • Prasasti

Terdapat prasasti yang berisi tentang keindahan Lembah Harau yang sudah diakui dunia sejak zaman dahulu. Prasasti ini dibangun oleh asisten residen, bernama J.H.G Boissevain dan ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda pada masa itu.

  • Resort Mewah

Meskipun lembah ini cukup jauh dari kota, tetapi tidak perlu khawatir karena ada resort mewah yang akan menyajikan berbagai macam suguhan untuk para pengunjung.

Lembah Harau merupakan destinasi wisata yang cocok bagi seseorang yang ingin menikmati keramaian dan hiruk pikuk pedesaan. Terutama bagi seseorang yang tinggal dan beraktivitas di kota, alangkah lebih baik keluar dari keramaian kota dan menikmati kedamaian di Yosemite nya Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode