Search
Generic filters
Exact matches only

Leptospirosis, Penyakit yang Mengintai Saat Banjir

0
8 months ago

Di Indonesia, musim penghujan sering kali menyebabkan banjir. Selain merusak rumah dan harta benda lainnya, banjir juga membawa banyak penyakit dan infeksi yang dapat menyerang kapan saja. Salah satu penyakit yang cukup berbahaya tetapi tidak banyak yang tahu adalah leptospirosis.

Penyakit yang satu ini memang jarang terdengar tapi sering terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira Interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Hewan tersebut diantaranya anjing, tikus dan kelompok hewan ternak lainnya seperti sapi atau babi. Tapi yang harus diwaspadai adalah urine atau darah dari tikus karena keberadaannya yang banyak dan ada di tempat kotor.

Leptospirosis dapat menyerang manusia melalui paparan air atau tanah yang sudah terkontaminasi urine dari hewan pembawa bakteri leptospira. Biasanya pada genangan air pada saat hujan dan banjir dapat mengalirkan air kencing hewan-hewan pembawa bakteri tersebut. Bakteri leptospira masuk melalui kulit yang memiliki luka tergores, luka terbuka, hingga area yang kering. Bakteri ini juga bisa masuk melalui mulut, hidung atau alat kelamin.

Gejala leptospirosis biasanya dirasakan setelah 2 minggu pasca terinfeksi. Gejala yang dirasakan bisa demam tinggi, sakit kepala, terasa nyeri pada otot, kulit dan mata menguning, muntah, diare, hingga ruam kulit. Saat gejala-gejala tersebut mulai dirasakan, dokter akan melakukan tes darah untuk memastikan apa benar tubuh pasien sudah terinfeksi leptospirosis.

Agar terhindar dari leptospirosis, jauhi dan hindari diri dari air banjir atau air yang menggenang. Apalagi jika ada bagian tubuh yang sedang terluka karena kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Jika harus melewati banjir, gunakan pelindung tubuh dan tutupi bagian tubuh yang terluka. Bersihkan selalu lingkungan rumah yang sering terendam banjir agar tidak ada hewan seperti tikus yang bersarang di rumah. Jaga kebersihan dan cuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan atau sebelum makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode