Search
Generic filters
Exact matches only

Lesong Panjang, Tradisi Unik Masyarakat Bangka Setelah Panen

0
6 months ago

Tradisi unik dan menarik yang satu ini sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Bangka Belitung setelah panen. Meskipun tidak hanya Bangka Belitung yang memiliki tradisi setelah panen, tetapi ada beberapa hal yang membedakan tradisi lesong panjang dengan tradisi setelah panen di wilayah lain. Beberapa hal yang membedakan tradisi lesong panjang dengan tradisi setelah panen di wilayah lain adalah alat yang digunakan dalam pagelarannya. Alat pertama yang digunakan adalah lesong atau lesung yang digunakan sebagai penampung padi dan alu sebagai penumbuk padi yang harus terbuat dari kayu. Hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan suara yang keras dan jernih. Ukuran lesung pun harus diperhatikan, nama tradisi ini lesong panjang karena memang lesung yang digunakan sangat panjang, yaitu berukuran panjang 1,5 m dan diameter di antara 25 cm hingga 30 cm. Sedangkan, untuk alunya bisa dibuat dengan beragam model dan ukuran dan biasanya berukuran panjang di antara 75 cm hingga 120 cm dan diameter 4 cm hingga 6 cm.

Setelah ketentuan alat yang digunakan terpenuhi, tradisi pun bisa dilakukan. Beberapa orang, biasanya empat orang wanita yang sudah siap dengan lesung dan alunya berjejer dan menumbuk padi hasil panen. Hal ini akan memunculkan bunyi yang saling bersahutan sehingga menimbulkan irama yang sangat bervariasi dan harmoni yang sangat menarik serta diiringi dengan puji-pujian kepada Tuhan. Sebenarnya ada makna dibaliknya, yaitu segala sesuatu yang dikerjakan bersama-sama atau dengan bergotong royong akan membuahkan hasil yang baik dan sesuai harapan daripada dikerjakan secara sendiri. Selain itu, bermakna sebagai sebuah wujud rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang berhasil dan berlimpah.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini sudah semakin jarang dilakukan. Biasanya hanya dilakukan pada saat acara-acara atau pagelaran tertentu yang diselenggarakan pemerintah Provinsi Bangka Belitung sebagai bentuk usaha pelestarian warisan budaya para leluhur. Lesong panjang pun sejak tahun 2012 sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode