Search
Generic filters
Exact matches only

Lima film biografi Indonesia yang banyak memberikan pelajaran

0
6 months ago

Film biografi adalah film yang menceritakan kehidupan seorang tokoh sejarah dalam kehidupan nyata dan menggunakan nama asli dari tokoh tersebut. Biografi di Indonesia sering mengangkat tokoh pahlawan atau tokoh yang menginspirasi orang lain dalam melakukan sebuah perubahan dalam hidup. Berikut rekomendasi film-film biografi Indonesia.

1. Habibie & Ainun (2012)

Sutradara : Faozan Rizal
Pemeran : Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Vitta Mariana

Mengisahkan perjalanan cinta Habibie & Ainun yang merupakan kisah cinta pertama dan terakhir. Cita-cita Habibie yang ingin membangun tanah air menjadi maju pada bidang dirgantara, ia berjuang membuat pesawat pertama asal Indonesia. Awal kehidupan pernikahan mereka berada di Jerman, tetapi karena suatu kesempatan mereka kembali lagi ke Indonesia. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas.

2. Soekarno (2013)

Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemeran : Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Ratu Tika Bravani, Lukman Sardi, Ferry Salim, Tanta Ginting, Agus Kuncoro, Sujiwo Tejo

Soekarno adalah Presiden pertama Indonesia. Film ini menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dan kehidupan seorang Soekarno. Ia memperjuangkan keadilan negara dengan menyampaikan sebuah pidato bersejarah dalam persidangannya.

3. Merry Riana : Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Sutradara : Hestu Saputra
Pemeran : Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Ferry Salim, Julia Perez, Niniek L. Karim, Sellen Fernandez, Mike Lucock, Cynthia Lamusu, Tuti Kembang Mentari, Merry Riana

Film ini terinspirasi dari Merry Riana, perempuan Indonesia yang berhasil meraih satu juta dolar pertama di Singapura pada usia 26 tahun. Merry Riana yang baru saja lulus SMA, terpaksa mengungsi ke Singapura akibat kondisi Indonesia sedang tidak stabil. Ini adalah kisah perjuangan dan pengorbanannya dalam meraih kesuksesan dan cintanya.

4. Guru Bangsa : Tjokroaminoto

Sutradara : Garin Nugroho
Pemeran : Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tejo, Maia Estianty, Ibnu Jamil, Deva Mahenra, Chelsea Islan, Christoffer Nelwan, Tanta Ginting

Film ini berhasil mendapatkan penghargaan yaitu Sinematografi Terbaik, tata Artistik Terbaik dan Tata Busana Terbaik. Oemar Said Tjokroaminoto berasal dari keluarga bangsawan Jawa dengan latar belakang keislamanan yang kuat. Karena ia melihat kondisi rakyat miskin dan kesenjangan sosial selepas tanam paksa, ia berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli Pelabuhan. Ia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah.

5. Chrisye (2017)

Sutradara : Rizal mantovani
Pemeran : Vino G. Bastian, Velove Vexia, Dwi Sasono, Teuku Rifnu Wikana, Verdi Solaiman

Film ini diangkat dari kisah hidup musisi Indonesia yaitu Chrisye. Chrisye yang sejak remaja ditentang oleh ayahnya menjadi musisi, diam-diam ia bermusik dan berjuang membuktikan bahwa bermusik memang pilihan hidupnya. Ia selalu berkarya dalam bermusik. Bahkan Chrisye melakukan hal tergila dalam hidupnya, sesuatu yang ia takuti sejak dulu, yaitu menari di panggung sebagai konsekuensi album dansanya yang terlaris sepanjang masa, “Aku Cinta dia”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode