Search
Generic filters
Exact matches only

Lima karya terbaik Garin Nugroho yang wajib ditonton

0
5 months ago

Nama Garin Nugroho terkenal lewat film berjudul Cinta dalam Sepotong Roti di tahun 1990 dan membawanya ke perfilman internasional pada film Surat Untuk Bidadari di tahun 1992. Garin Nugroho merupakan sutradara, penulis skenario dan produser film Indonesia yang mulai berkarya sejak 1984 sampai sekarang. Selama berada di industri film, ia telah banyak mendapatkan penghargaan lewat karya yang dibuatnya.

Pada film Kucumbu Tubuh Indahku (2019) mendapatkan penghargaan sebagai Sutradara Pilihan Tempo di Festival Film Tempo 2018, Sutradara Terbaik di Festival Film Indonesia 2019, da Penyutradaraan Terpilih di Piala Maya 2019 2020. Garin memiliki keunikan pada karya filmnya salah satunya ia sering mengangkat kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Jawa. Berikut ini lima karya terbaik Garin Nugroho yang wajib ditonton.

1. Opera Jawa (2006)

Film musikal ini hasil produksi Indonesia dan Austria yang diperankan oleh Artika Sari Devi, Martinus Miroto, Eko Supriyanto, I Nyoman Sura dan Retno Maruti. Film berkisah tentang penggambaran kehidupan kisah Ramayana. Mulai dari permasalahan cinta segitiga, masalah sosial, politik, dan ekonomi yang mengorbankan kehidupan rakyat kecil. Film Opera Jawa mendapatkan penghargaan sebagai Skenario Adaptasi Terbaik di Festival Film Indonesia 2006 dan Silver Screen Awards di Singapore International Film Festival 2007.

2. Soegija (2012)

Soegija adalah film drama epik sejarah dari Indonesia dan menjadi film termahal yang disutradarai Garin dengan anggaran sekitar Rp 12 Miliar. Film ini diperankan oleh Nirwan Dewanto, Annisa Hertami, Wouter Zweers, Wouter Braaf, Nobuyuki Suzuki, Olga Lydia, Margono. Film ini berkisah tentang uskup pribumi pertama di Indonesia pada masa 1940-1949. Semua peristiwa yang terjadi pada saat itu ia tuliskan di catatan hariannya dan mencoba berperan di semua aspek seperti politik lokal, nasional dan internasional sehingga ia diberikan gelar pahlawan nasional. Film ini mengangkat aspek kemanusiaan yang universal.

3. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

Film yang diperankan oleh Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tejo dan masih banyak lagi. Film ini mengisahkan tentang biografi pahlawan nasional dan perjuangan Tjokroaminoto di masa setelah kemerdekaan Indonesia. Film ini mendapatkan penghargaan sebagai Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Tata Busana Terbaik di Festival Film Indonesia 2015.

4. Aach… Aku Jatuh Cinta (2016)

Sebuah film drama komedi romantis yang diperankan oleh Pevita Pearce, Chicco Jerikho, Nova Eliza, Annisa Hertami. Film Aach.. Aku Jatuh Cinta merupakan film drama romantic pertama yang Garin sutradarai. Film ini berkisah tentang perjalanan cinta Yulia dan Rumi yang saling jatuh cinta sejak kecil. Keduanya melewati hubungan ini dari tahun 1970-an hingga 1990-an.

5. Kucumbu Tubuh Indahku 

Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang penari lengger yang menjadi gemblak seorang warok dalam tradisi klasik penari reog. Film ini cukup kontroversial karena jalan cerita yang diangkat bertentangan dengan masyarakat Indonesia seperti adanya unsur LGBT. Diluar dari itu semua film ini mendapatkan banyak penghargaan di berbagai festival film internasional seperti Venice Independent Film Critic. Festival Des 3 Continents, serta Asia Pacific Screen Awards.

 

Similarity index (Plagiarism Checker X) : 28%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode