Search
Generic filters
Exact matches only

Lima Manfaat Air Larutan Garam yang Belum Kamu Tahu

0
8 months ago

Garam tidak hanya memiliki fungsi sebagai penambah rasa makanan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Garam mengandung banyak mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam kesehatan, garam atau Natrium Klorida (NaCl) yang dilarutkan dengan air memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, beberapa di antaranya:

Meredakan nyeri gigi dan mempercepat penyembuhan gigi berdarah. Kandungan floride alami pada garam dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, larutan garam juga mengandung natrium klorida yang dapat mengurangi bakteri karena berdasarkan hasil studi ilmiah di tahun 2003, air garam dapat menurunkan pH pada mulut dan membatasi pertumbuhan bakteri.

Mengatasi sakit tenggorokan. Sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri akan menyebabkan rasa sakit saat menelan. Kandungan mineral dari larutan garam dapat membantu membersihkan bakteri penyebab gatal dan meredakan luka pada tenggorokan.

Melancarkan pencernaan. Terdengar aneh tetapi air garam yang mengandung mineral dapat menghancurkan kotoran dan mengurangi kuman di usus. Selain itu larutan garam juga dapat melancarkan sekresi pada usus dan hati.

Menjaga dan mengatasi beberapa masalah kulit. Air garam juga mengandung kandungan sulfur yang bisa menjaga kebersihan, zinc yang membantu penyembuhan luka dan mengatur aktivitas kelenjar minyak, dan yodium yang bisa meningkatkan metabolisme kulit. Jamur di kaki penyebab kutu air juga dapat dirawat dengan air garam untuk mencegah infeksi pada bagian yang terkena kutu air.

Membantu kesehatan tulang. Kandungan natrium di dalam larutan garam dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Osteoporosis terjadi saat tubuh kekurangan garam sehingga tubuh mengambil natrium dari tulang. Konsumsi larutan garam dengan dosis yang tepat dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode