Search
Generic filters
Exact matches only

Makanan Cepat Saji, Perlahan Dapat Membunuh Kita

0
8 months ago

Zaman semakin berkembang, begitu pula dengan kebutuhan hidup manusia semakin meningkat. Kesibukan-kesibukan semakin padat di berbagai aktivitas seperti pekerjaan seringkali membuat manusia mencari cara tercepat untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan. Tren yang era milenials katanya yang menyuguhkan segala sesuatu yang serba praktis dan mengikuti kemajuan teknologi yang pesat seringkali membuat kita mengonsumsi makan yang praktis penyajiannya. Hal ini juga disebabkan karena padatnya kegiatan dan kesibukan kita. Makanan siap saji menjadi makanan yang dijadikan opsi dikarenakan penyajianya yang praktis dan sekaligus memiliki rasa yang enak menurut banyak orang.

Di balik kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh makanan cepat saji, ada juga kekurangan yang di kandung oleh makanan cepat saji yang berdampak pada kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Salah satu makanan cepat saji yang populer di kalangan masyarakat adalah mie instan. Bahkan menurut data World Instan Noodles Association (WINA), penjualan mi instan di Indonesia pada 2010 mencapai 14,4 miliar bungkus di bawah China sebesar 42,3 miliar bungkus. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di dunia dalam mengkonsumsi mie terbanyak setelah China.

Makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini memang menjadi pilihan masyarakat karena pengolahannya yang relatif mudah dan dapat menggantikan nasi. Menurut data BPS tahun 2008 UMKM di Indonesia tercatat sekitar 44,69 juta unit usaha dan 20% sebagai pedagang mie dan bakso. Mie mengandung karbohidrat yang sudah diolah menjadi zat yang mudah dicerna. Hal ini terjadi karena kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, lemak, dan protein pada saat pembuatan bahan baku mie, yaitu tepung dihilangkan. Proses itu membuat mie sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus. Apalagi bagi masyarakat para pecinta mie instan, bumbu dari mie instan pun juga tidak baik untuk kesehatan. Penyakit yang dapat ditimbulkan adalah diabetes, sembelit, GERD, bahkan kanker usus besar. Oleh karena itu, sebaiknya membatasi mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie dan makanan yang berbahan dasar tepung terigu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode