Malas Gerak, Siap-Siap Berteman dengan Beberapa Penyakit

0 8 months ago

Pernahkan merasa tubuh sangat lelah meskipun sudah tidur dengan cukup dan makan dengan teratur? Ada faktor yang membuat tubuh merasa lelah dan menjadi mudah mengantuk meskipun kebutuhan tidur cukup telah terpenuhi, yaitu kurang gerak. Masyarakat zaman sekarang lebih memilih istirahat dari rangkaian aktivitas dengan rebahan dan berselancar di dunia maya daripada ‘bergerak’. Bergerak yang dimaksud tidak harus melakukan kegiatan-kegiatan yang memerlukan banyak energi tetapi bisa berupa jalan-jalan menikmati lingkungan sekitar, memasak, berkebun, atau hanya sekedar bermain dengan hewan peliharaan. Jangankan melakukan kegiatan tersebut bahkan mandi pun cuma sehari sekali dan untuk makan pun biasanya memakai jasa delivery. Berkembangnya teknologi memang membuat segala kegiatan dan pemenuhan kebutuhan menjadi lebih mudah dan praktis.

Malas bergerak bukan suatu kebiasaan yang baik dan harus diubah. Walaupun bagi sebagian orang kebiasaan tersebut sudah menjadi bagian dari rutinitas dan terlanjur merasa nyaman karena kebiasaan tersebut memberikan dampak buruk dalam jangka panjang. Menurut WHO, malas bergerak adalah salah satu dari 10 faktor penyebab kematian terbanyak di dunia. Apalagi jika diikuti dengan pola makan yang tidak seimbang dan kebiasaan lain yang tidak sehat seperti terlalu sering bermain handphone. Handphone mengeluarkan radiasi yang dapat mengganggu kinerja otak. Bahaya lain yang ditimbulkan akibat malas bergerak, yaitu konsentrasi menurun, meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung, meningkatkan resiko terkena diabetes serta memicu osteoporosis.

Oleh karena itu, kebiasaan tersebut harus diubah dan jangan sampai menjadi sebuah rutinitas. Berikut adalah beberapa trik agar tetap bisa memenuhi kebutuhan bergerak, yaitu jika pekerjaan anda mengharuskan untuk duduk seharian adakalanya untuk berjalan kali  mengitari kantor sambil mencari ide, pergilah berburu barang ke pusat perbelanjaan daripada memesannya secara online, sempatkan olahraga ringan 30 menit setiap pagi, membersihkan rumah atau memasak juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah gerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *