Search
Generic filters
Exact matches only

Mana Yang Lebih Baik, Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

0
7 months ago

Membersihkan diri dengan mandi menjadi hal yang rutin dilakukan hampir setiap orang. Namun, di beberapa kondisi biasanya justru menimbulkan dilema bagi sebagian orang. Dilema tersebut hadir ketika muncul perdebatan manakah yang lebih baik antara mandi dengan air dingin atau air hangat.

Mandi dengan menggunakan suhu air yang berbeda pastinya akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi tubuh. Sebenarnya baik mandi dengan air dingin maupun air hangat sama-sama sama bermanfaat bagi kesehatan. Namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Mandi dengan air hangat biasanya menjadi pilihan untuk menghindari rasa menggigil karena air dingin. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti suhu air yang dipakai dianjurkan tidak lebih dari 44 derajat Celcius. Durasi mandi pun tidak boleh terlalu lama, cukup 5-10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika seseorang mandi dengan air hangat. Sebuah penelitian di tahun 2002 yang diterbitkan di Inggris menyebutkan jika air hangat bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin yang dapat mengurangi stress dan cemas. Manfaat lainnya dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah insomnia. Mandi dengan air hangat sambil memijat tubuh juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri.

Namun, dibalik semua manfaat tersebut ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan. Mandi dengan suhu yang cukup panas dan dalam waktu yang lama dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah. Hal tersebut terjadi karena air panas dapat mengganggu produksi kelenjar minyak di kulit. Apabila kita mencuci rambut dengan air hangat juga akan berisiko menjadikan rambut bercabang dan mudah patah. Air panas juga bisa menurunkan tekanan darah secara tiba-tiba.

Lalu, pilihan mandi dengan air dingin akan menjadi alternatif saat cuaca panas dan membutuhkan kesegaran tubuh. Suhu air dingin ideal yang dianjurkan 21 derajat Celcius. Mandi dengan air dingin akan membuat pikiran kita jauh lebih segar dan meredakan depresi. Suhu air yang dingin bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin yang membentuk pikiran agar tetap waspada secara alami. Kesehatan rambut dan kulit juga akan lebih terjaga karena kulit tetap lembab dan kenyal. Sebuah penelitian dalam European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology membuktikan bahwa suhu dingin dapat memperkuat sistem imun untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Serupa dengan air hangat, air dingin juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mandi dengan air dingin bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Mandi dengan air dingin juga bisa membuat kita hipotermia.

Mandi dengan air dingin ataupun air hangat memiliki manfaat yang sama baiknya untuk tubuh. Namun untuk lebih bisa merasakan manfaat tersebut, ada baiknya kita sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode