Search
Generic filters
Exact matches only

Manfaat Ketika Menjadi Seorang Pendonor Darah

0
7 months ago

Ketika seseorang memutuskan untuk mendonorkan darahnya, maka seseorang tersebut dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Ya, donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang yang dilakukan secara sukarela. Darah yang didonorkan akan disimpan dan digunakan jika ada orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

Banyak orang yang sudah rutin melakukan donor darah. Namun masih ada yang belum berani atau bahkan ragu untuk mendonorkan darahnya karena saat mendonor, seseorang akan kehilangan darah dalam tubuhnya. Padahal, ada banyak manfaat yang diperoleh ketika menjadi seorang pendonor darah.

Saat ini masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Berdasarkan data WHO menunjukkan bahwa kebutuhan darah di Indonesia per tahun mencapai 5,1 juta kantong darah, sedangkan yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah. Hal tersebut mengakibatkan banyak rumah sakit mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah saat ada pasien yang membutuhkan.

Ada banyak manfaat yang sebetulnya bisa diperoleh seorang pendonor darah, diantaranya:

  1. Membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan.
  2. Menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah.
  3. Meningkatkan produksi sel darah merah setelah donor darah dilakukan, sehingga tubuh mendapatkan darah baru yang segar.
  4. Mengetahui kondisi kesehatan, karena sebelum melakukan donor darah akan ada pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, nadi, dan kadar haemoglobin. Setelah itu darah yang didonorkan akan di tes, jika ada penyakit serius, maka akan segera diberitahu.
  5. Membantu menurunkan berat badan, karena saat mendonorkan darah akan ada kalori yang terbakar.
  6. Membuat tubuh lebih sehat dan dapat memperpanjang usia seseorang.

Manfaat-manfaat tersebut bisa kita peroleh ketika kita memutuskan untuk mendonorkan darah. Tidak perlu khawatir akan kekurangan darah jika kita menjadi pendonor, karena tubuh akan segera memproduksi darah baru yang segar sehingga membuat kita lebih sehat. Meskipun begitu, donor darah tidak bisa dilakukan setiap saat. Idealnya untuk pria bisa mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dan wanita 4 bulan sekali. Sebelum melakukan donor darah, selalu pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode