Search
Generic filters
Exact matches only

Manfaat Si Orange Kesukaan Kelinci – Wortel

0
5 months ago

Siapa sih yang tak mengenal wortel? Semua orang tentunya mengetahui wortel bukan?. Di beberapa film serial atau cartoon anak-anak wortel seringkali dijadikan icon makanan kesukaan kelinci. Pada dunia nyata, kelinci memang sangat gemar memakan wortel.  Secara umum, wortel dikategorikan sebagai jenis sayuran yang daunnya tumbuh dan berkembang diatas permukaan tanah sedangkan umbi atau sayur wortelnya tumbuh di bawah permumaan tanah. Wortel juga merupakan tumbuhan biennial dengan siklus hidup 12 – 24 bulan yang mampu menyimpan vitamin A dan karbohidrat dalam jumlah besar. Tumbuhan yang optimal dibudidayakan di dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dengan temperatur udara optimal 15 -21 derajat Celcius ini dapat berbunga pada tahun yang kedua dengan pertumbuhan batang bunga setinggi sekitar 0,5 meter dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbinya.

Perlu kalian ketahui bahwa wortel memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, karena wortel memiliki begitu banyak manfaat di dunia kuliner maupun kesehatan. Wortel dapat dikonsumsi dengan cara dimasak menjadi sayuran basah atau tumisan atau bahkan berbagai hidangan tingkat internasional. Tapi wortel juga bisa dijadikan bahan utama pembuatan jus. Manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan proses metabolisme dan daya tahan tubuh, serta memelihara fungsi otak. Manfaat ini berkat kandungan nutrisi yang melimpah dalam segelas jus wortel.

Bagi kalian para pecinta sayuran/vegetarian, wortel sangatlah bagus jika kalian konsumsi secara rutin. Karena wortel memiliki khasiat yang begitu tinggi dan kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C,  vitamin E, serta vitamin K. Vitamin A berperan sebagai peningkat kesehatan mata dan kulit karena beta karoten akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini mampu melindungi mata dari beragam gangguan, seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan xerophthalmia. Vitamin B berperan sebagai penyempurna proses metabolisme, menggunakan energi dari makanan, serta memproduksi sel darah merah. Vitamin C berperan sebagai salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka dan cedera seperti seperti kulit kering atau psoriasis. Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Vitamin K berperan dalam perubahan pasca translasi berbagai macam protein, terutamanya dalam proses pembekuan darah. Uniknya, Wortel juga berperan sebagai sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serat, serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengetahui begitu banyak manfaat yang terkandung pada wortel, apakah kalian juga ingin mengkonsumsi wortel secara rutin?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode