Search
Generic filters
Exact matches only

Mata Biru, Keunikan Penduduk Indonesia di Lamno, Aceh.

0
6 months ago

Pada dasarnya penduduk Indonesia memiliki mata berwarna coklat gelap. Akan tetapi, ada wilayah di Aceh ada beberapa jejak keturunan Eropa yang memiliki mata biru . Penduduk bermata biru di Aceh banyak ditemukan di Lamno atau biasa disebut dengan kampung bule. Desa ini terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Kira-kira membutuhkan waktu satu jam perjalanan dari Kota Banda. Hal ini terjadi karena dahulu kala Indonesia pernah disinggahi oleh penduduk Eropa dan mereka pun banyak yang menetap serta menikah dengan penduduk asli Indonesia sehingga menghasilkan keturunan bermata biru dan berkulit putih.

Akan tetapi ada beberapa perbedaan mengenai asal mula mata biru di Aceh ini. Versi pertama adalah adanya relasi dagang antara pelaut Portugis (Eropa) dan pedagang warga lokal yang berlanjut dengan pernikahan. Sedangkan untuk versi keduanya adalah Kerajaan Aceh Darussalam menawan penduduk Eropa pada masa perang dulu dan membebaskannya dengan syarat memasukkan mereka ke agama Islam setelah itu tawanan tersebut menikah dengan warga setempat. Hingga sekarang tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana asal mula penduduk mata biru di Aceh. Ketika mereka ditanya mengenai asal usul mereka pun banyak yang tidak mengetahui karena yang tersisa ada generasi kesekian. Banyak yang sudah gugur dan sudah tidak diketahui lagi keberadaannya.

Penduduk Indonesia yang bermata biru sendiri mulai terkuak setelah kejadian tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004. Tsunami itu pun mengakibatkan hampir merenggut nyawa seluruh penduduk Indonesia bermata biru yang ada di Aceh, sehingga sekarang ini semakin sulit untuk ditemui penduduk bermata biru tersebut. Selain karena tsunami, kecantikan yang dimiliki keturunan Eropa di Indonesia ini membuat pendatang atau traveller menjadi terpikat dan banyak yang mempersunting mereka lalu memboyongnya. Tak heran apabila sekarang penduduk bermata biru ini semakin susah untuk ditemui di Aceh. Tetapi meski demikian, masih banyak penduduk yang memiliki ciri-ciri penduduk Eropa di Lamno seperti berambut pirang, berkulit putih, dan berhidung mancung, meskipun tidak memiliki mata biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode