Search
Generic filters
Exact matches only

Matic atau Manual ?

0
8 months ago

Saat pertama kali kalian membeli mobil, ada satu hal yang patut dijadikan pertimbangan yakni memilih mobil manual atau matic?  sebenarnya baik itu matic ataupun

manual masing – masing memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pilihan tersebut sendiri tergantung pada kenyamanan serta kebutuhan kalain dalam berkendara. Untuk memperjelas, kalian perlu mengetahui perbedaan mobil matic dan mobil manual agar kalian tidak salah pilih.

Mengenai transmisi mobil, mobil manual umumnya memiliki enam jenis gigi percepatan, lima untuk melaju ke depan dan satu untuk berjalan ke belakang serta menggunakan kopling saat mengoper gigi. Pada mobil manual, transmisi dilakukan menggunakan pedal dan tuas kopling. Transmisi mobil manual lebih sederhana sehingga akselerasinya cenderung lebih cepat, sehingga mobil manual memiliki kecepatan lebih baik dari pada mobil matic. Sedangkan untuk mobil matic memiliki sistem transmisi yang lebih simpel dan gigi yang lebih sedikit terdiri dari L, 2, D-3, R, P, dan N..

Dari segi Bahan Bakar Minyak,  konsumsi bahan bakar mobil  manual cenderung lebih hemat karena menggunakan transmisi manual. Sementara mobil matic menghabiskan bahan bakar lebih banyak. Pasalnya, kinerja mobil otomatis lebih berat, putaran mesin pun tidak dapat diatur. Untuk pengoprasian, Pada mobil manual, kaki dan tangan Anda harus terus aktif. Kaki kiri bertugas menekan kopling, kaki kanan untuk menginjak rem dan gas, tangan kiri memegang tuas kopling, dan tangan kanan mencengkeram kemudi. Pada mobil otomatis, hanya kaki kanan dan tangan kanan yang aktif, sedangkan kaki kiri dan tangan kiri bebas. Kaki kanan digunakan untuk menginjak gas dan rem. Sementara tangan kanan memegang kendali. Untuk kenyaman, banyak yang berpendapat bahwa mobil otomatis jauh lebih nyaman karena tidak perlu repot mengatur gigi. Cukup menginjak gas, mobil dapat dijalankan. Dari segi perawatan, mobil manual lebih hemat biaya. harga komponen mobil manual tergolong ramah kantong sedangkan matic lebih mahal. Perawatan mobil jenis ini pun dapat dilakukan secara berkala, misalnya setiap  dua sampai tiga bulan sekali. Sedangkan matic perlu sebulan sekali. Itulah sejumlah perbedaan antara mobil manual dan otomatis yang dapat kalian gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode