Search
Generic filters
Exact matches only

Me-time, Menyendiri Untuk Memperoleh Beberapa Manfaat Ini

0
6 months ago

Aktivitas sehari seperti bekerja dan bertemu dengan orang-orang selama sepekan tentunya akan membuat tubuh menjadi lelah dan jenuh, terutama bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan. Sering kali mereka tidak ada waktu untuk bersantai atau memanjakan diri bahkan di hari libur sekali pun. Padahal hal itu bisa menjadi obat stres dan kecemasan yang mungkin dialami oleh mereka. Sehingga masing-masing orang harapannya bisa tetap meluangkan waktu untuk dirinya sendiri atau memiliki “me-time”.

“Me-time” adalah waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran dari orang lain. Jenis aktivitasnya pun beragam seperti tidur panjang, hangout, membaca buku, menonton film, dan lain sebagainya tetapi dilakukan oleh seorang diri. Meskipun pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tetap perlu untuk berinteraksi dengan orang lain, ada kalanya mereka butuh waktu untuk sendiri karena “me-time” ini pun mempunyai beberapa manfaat, yaitu:

  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang

Me-time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran-pikiran masalah-masalah tertentu yang sedang dialami. Ketenangan pun bisa didapatkan dari menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu. Walaupun hanya sejenak tetapi hal ini mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas bagi seseorang di kemudian harinya.

  • Memberikan kesempatan untuk lebih memahami diri sendiri

Interaksi dengan orang seringkali bisa mengubah sudut pandang diri sendiri terhadap suatu hal. Dengan “me-time” seseorang dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan ketika bersama orang lain. Hal ini dapat membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri tanpa pengaruh sudut pandang orang lain.

  •  Menyegarkan tubuh dan pikiran

“Me time” sangat berguna untuk menyegarkan pikiran karena otak dapat terbebas dari beberapa pikiran yang mengganggu. Jika pikiran segar, maka tubuh pun akan merasakan hal yang sama.

  • Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Tidak dapat dipungkiri bahwa interaksi sosial dapat membuat seseorang menjadi jenuh dan dapat menimbulkan masalah kecil terhadap orang di sekitarnya. “Me time” membuat seseorang menjadi lebih tenang, begitu tenang maka orang tersebut akan siap untuk berinteraksi kembali dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode