Search
Generic filters
Exact matches only

Melatih Otot Kaki Kalian dengan Olahraga Ini!

0
6 months ago

Selain otot tubuh bagian atas, otot bagian seperti kaki juga perlu untuk dilatih. Melatih otot kaki juga penting karena kaki lah yang menjadi tumpuan untuk menopang tubuh kalian selama kalian beraktivitas sehari-hari. Masih banyak orang yang tidak menyadari jika latihan otot kaki sama pentingnya denga melatih otot tubuh bagian atas.

Melatih otot kaki bisa kalian lakukan di rumah aja di tengah pandemi virus corona yang sedang mengharuskan kita untuk tetap di rumah.

Berikut ini latihan-latihan yang dapat menguatkan otot kaki kalian, check it out!

  1. Squat

Latihan ini menguatkan otot paha pada kaki kalian. Jika kalian melakukan olahraga ini maka pada bagian paha akan terasa lebih kencang dan otot kakipun menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, kaki akan memiliki kekuatan yang baik dalam menopang beban.

Cara melakukannya adalah berdirilah dengan kaki terbuka lebar dan jaga punggung tetap lurus. Tekuk lutut dan turunkan bokong kalian ke lantai. Turun sebanyak yang kalian bisa. Tahan pada posisi ini sebentar dan kemudian naikkan diri kalian ke posisi berdiri. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

  1. Squat Jump

Latihan squat jump merupakan variasi dari latihan squat. Pada latihan ini ada satu gerakan yang ditambahkan. Latihan ini juga untuk melatih otot paha kalian. Efek dari latihan ini juga lebih terasa dari squat biasa, otot kaki kalian akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan latihan squat biasa.

Cara melakukannya sama seperti gerakan squat. Tapi saat kalian akan berdiri dari posisi jongkok, tambahkanlah gerakan melompat. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

  1. Wall Squat

Latihan selanjutnya adalah wall squat. Wall squat ini juga merupakan variasi dari gerakan squat.

Cara melakukannya adalah berdirilah dengan punggung menempel pada dinding, buka kedua kaki selebar bahu. Tekuk lutut perlahan-lahan, dan jaga punggung dan panggul tetap menempel ke dinding. Tahan selama 5-10 detik dan jangan membungkuk terlalu dalam. Jika kamu merasakan tekanan atau ketidaknyamanan pada lutut, ubah posisi. Ulangi latihan ini, dan cobalah untuk menahan posisi duduk beberapa detik lebih lama setiap kali.

  1. Skipping

Kalian semua pasti tau olahraga yang satu ini nih. Skipping ini hanya dilakukan dengan cara melompat menggunakan tali sehingga olahraga ini termasuk olahraga yang ringan dan sederhana dan dapat kalian lakukan selama di rumah aja. Skipping ini sangat bermanfaat dan efektif untuk Anda yang ingin memperkuat otot kaki. Selain itu skipping juga dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh sehingga dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Lakukanlah gerakan ini sebanyak 200 lompatan setiap harinya.

  1. Calf Raises

Yang terakhir ada latihan calf raises. Latihan ini dilakukan untuk melatih otot betis pada kaki kalian. Latihan ini juga cukup sederhana dan gampang untuk dilakukan.

Cara melakukannya adalah angkat kaki kalian dalam posisi tegak, hingga ujung kaki kalian perlu dijinjitkan. Setelah sampai pada posisi maksimal, perlahan-lahan posisi dikembalikan lagi ke awal. Untuk semakin memaksimalkan latihan ini, kalian bisa sambil memegang dumbell dikedua tangan kalian sebagai beban tambahan. Latihan ini akan membuat otot betis kalian semakin kuat.

Lakukan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode