Search
Generic filters
Exact matches only

Memasak Makanan Sendiri, Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

0
7 months ago

Memasak sendiri atau beli di luar? Apabila bagi seseorang yang suka masak dan mencoba resep baru pasti lebih memilih untuk memasak sendiri. Tetapi, masa banyak orang terutama wanita yang lebih memilih untuk membeli makanan di luar bahkan di tengah pandemi COVID-19 ini. Padahal banyak manfaat yang diperoleh apabila memasak makanan sendiri selain untuk mengisi waktu luang. Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari memasak makanan sendiri di rumah.

  • Menghemat pengeluaran

Memasak makanan sendiri memang bisa lebih menghemat pengeluaran, dalam sehari apabila beli makanan di luar total biaya antara 20 – 30 ribu sekali makan. Jika makan 3x sehari berarti menghabiskan biaya sekitar 60 – 90 ribu sehari dan itu hanya untuk satu orang. Apabila masak makanan sendiri biaya 60 – 90 ribu bisa memenuhi kebutuhan makan satu keluarga dalam sehari.

Apabila masak makan sendiri asupan nutrisi bisa diatur supaya tubuh tetap sehat. Kuantitas dan kualitas bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan sehat, lezat, dan menggugah selera pun bisa ditentukan dan sudah pasti terjamin juga secara kebersihannya.

Menurut para ahli, memasak dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan mental seseorang, seperti mengobati depresi dan kecemasan dengan menghasilkan sesuatu (makanan yang sudah jadi), melatih kreativitas dengan mencoba resep-resep baru dan bereksperimen, meningkatkan perasaan positif terhadap makanan, menjadi orang yang terorganisir, serta melatih kesabaran.

  • Bisa disesuaikan dengan selera

Setiap orang pasti memiliki cita rasa tertentu yang disukai. Makan yang dibeli di luar terkadang tidak sesuai dengan cita rasa yang diinginkan. Oleh karena itu, memasak adalah salah satu alternatif untuk menjawab persoalan tersebut. Bumbu atau bahan bisa ditambahkan dengan bebas sesuai dengan selera.

  • Melatih keahlian

Banyak yang bilang memasak adalah seni. Jika dilakukan secara rutin dan menjadi sebuah kebiasaan, semakin lama keahlian pun menjadi meningkat. Rasanya pun semakin nikmat dan bisa disukai banyak orang, keuntungan yang bisa didapatkan adalah bisa membuka usaha makanan sendiri.

Bagi yang masih belum tertarik untuk memasak makanan sendiri sebaiknya patut mempertimbangkan manfaat-manfaat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode