Search
Generic filters
Exact matches only

Membahas tentang bug pada komputer

0
6 months ago

Bug merupakan sebuah istilah yang digunakan terkait kesalahan atau kegagalan di dalam sebuah program pada komputer maupun sistem yang dapat menimbulkan hasil yang tidak sesuai. Istilah bug muncul pada tahun 1940-an ketika awal mula komputer dijalankan. Bug bisa terjadi karena adanya kesalahan yang ada di dalam source code program maupun desain.

Tidak ada spesifik yang pasti terkait bagaimana cara menghindari bug karena bug secara umum tidak bisa dihindari, bug biasanya muncul di dalam software yang dibuat secara komplek maupun software yang dibuat oleh developer yang kurang berpengalaman. Umumnya sebuah software sebelum diluncurkan versi penuhnya akan diluncurkan versi beta terlebih dahulu untuk memastikan terkait bugnya, sehingga disarankan untuk tidak memasang software yang masih beta tersebut ke dalam komputer atau laptop untuk menghindari efek buruk jika ada bug pada software versi beta tersebut.

Bug berasal dari beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya karena human error. Human error merupakan salah satu faktor utama penyebab munculnya bag karena yang membuat software merupakan manusia. Faktor keduanya yaitu kurangnya komunikasi antar programmer. Kemudian karena perubahan permintaan dari client juga dapat memunculkan bug, selain itu juga karena deadline untuk menyelesaikan software tersebut terlalu cepat sehingga akan menimbulkan kurangnya teliti, kurang sempurna dan beberapa hal lainnya yang dapat berpotensi munculnya bag dan yang terakhir karena software tester yang kurang berpengalaman.

Akibat adanya bug maka akan dapat menyebabkan berbagai hal yang bisa dibilang buruk, dari menjadikan software kurang nyaman digunakan hingga dapat tersisipi virus pada bug tersebut. Oleh sebab itu pastikan untuk menggunakan software yang memiliki rating penggunaan yang bagus untuk mengurangi resiko adanya bug. Itulah informasi singkat tentang bug. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode