Search
Generic filters
Exact matches only

Membahas tentang virus di komputer

0
6 months ago

Bagi para pengguna komputer pasti tidak asing dan tidak akan mau perangkat komputernya terkena virus komputer. Namun apakah kalian tahu arti dari virus di komputer itu apa? Virus komputer bisa dibilang sebuah program yang bisa membelah dirinya dan menyebar melalui program dan data lainnya, Konsepnya hampir sama dengan virus pada dunia luar. Namun pengguna komputer terkadang tidak menyadari bahwa perangkatnya terkena virus.

Dari nama saja sudah virus jadi memiliki fungsi yang identik dengan tidak baik. Virus tentunya dibuat oleh seseorang dengan berbagai tujuan dimana banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh virus. Salah satu hal yang terjadi dari efek negatif virus yaitu dapat membuat komputer hang, bahkan sampai bisa untuk mencuri sebuah data seseorang tanpa diketahui oleh orang tersebut. Tidak hanya itu saja, virus juga dapat merusak hardware pada komputer.

Komputer memiliki beberapa sistem operasi yang mereka gunakan. Namun, faktanya virus hampir 95% menyerang pengguna sistem operasi windows. Sisanya menyerang sistem operasi yang lain seperti Mac OS, Linux, IBM dan yang lainnya. Virus yang sering menyerang komputer ada cukup banyak, seperti worm yang berfungsi membelah dirinya pada harddisk dan membuat hardisk penuh. Kemudian ada trojan, trojan dapat mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan dapat mengirimkan data tersebut kepada si pembuat trojan.

Masih banyak lagi jenis virus yang menyerang komputer dan virus secara umum sulit dihentikan penyebarannya, sehingga untuk menghindari terinfeksi oleh virus sebaiknya menggunakan antivirus sebagai salah satu cara untuk meminimalisir agar tidak terkena virus. Itulah sekilas informasi mengenai virus pada komputer, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode