Search
Generic filters
Exact matches only

Memelihara Hewan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

0
7 months ago

Banyak orang yang menyukai untuk memelihara hewan seperti kucing, kelinci, anjing, burung, dan jenis hewan peliharaan lainnya. Bahkan saking cinta ada beberapa orang yang menganggap hewan peliharaan sebagai keluarganya sendiri. Namun, tidak sedikit juga orang yang membenci untuk memelihara hewan dengan berbagai alasan seperti tidak mau repot untuk merawatnya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ternyata memelihara hewan memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan fisik dan juga untuk kesehatan mental. Berikut adalah beberapa manfaat dari memelihara hewan peliharaan yang harus diketahui.

Ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa memelihara hewan dapat menurunkan resiko terkena penyakit tertentu karena bisa menurunkan tingkat kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Namun, harus tetap ingat untuk selalu menjaga kesehatan hewan peliharaan juga.

  • Memaksa sang pemilik untuk berolahraga

Ketika memiliki hewan peliharaan mau tidak mau sang pemilik dipaksa untuk berolahraga misal jalan-jalan dengan hewan peliharaan di sekitar komplek, membersihkan kandang dan tempat makan minumnya, serta bermain dengannya. Dengan begitu, secara tidak langsung sang pemilik bisa berolahraga dan mengeluarkan keringat.

  • Moodbooster

Tingkah lucu dan menggemaskan saat hewan peliharaan bermain akan membuat pemilik merasa senang dan terhibur. Hal ini bisa mengembalikan mood dan membuat sang pemilik menjadi lebih baik. Jika demikian stres akibat aktivitas pekerjaan yang padat pun bisa menurun.

  • Mengurangi rasa kesepian

Bagi beberapa orang yang tinggal di rumah sendiri, memiliki hewan peliharaan sangat membantu mengurangi rasa kesepian. Walaupun mereka tidak bisa membalas, tetapi berbicara dengan mereka dapat membunuh rasa kesepian yang ada.

  • Mendeteksi kanker sejak dini

Hewan yang memiliki penciuman bagus seperti anjing telah dilaporkan bahwa mereka dapat menyelamatkan hidup pemiliknya setelah anjing tersebut terus-menerus dan menjilati tumor yang tersembunyi di bawah kulit sang pemilik.

  • Mencegah alergi

Menurut seorang dokter anak, James E. Gern, MD di University of Wisconsin-Madison, anak-anak yang mempunyai peliharaan berbulu di rumahnya ternyata beresiko lebih rendah terkena alergi dan asma.

  • Meningkatkan sistem imun

Kuman tambahan yang terdapat pada hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan sistem imun seseorang terhadap flu dan penyakit ringan lainnya. Menurut penelitian, bayi yang hidup dengan hewan peliharaan seperti anjing pun cenderung mengalami lebih sedikit infeksi.

Itulah beberapa manfaat memelihara hewan peliharaan yang bisa didapatkan. Bagi yang masih ragu mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan memelihara hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode