Search
Generic filters
Exact matches only

Mencari Tahu Gaya Milenial Sebagai Orang Tua

0
7 months ago

Membangun keluarga merupakan awal dari kelahiran generasi baru. Sekarang, generasi milenial yang lahir dalam rentang tahun 1980-2000 sudah memasuki tahapan menjadi orang tua. Sama seperti dalam bidang kehidupan yang lain, milenial juga memiliki gaya berbeda dari generasi sebelumnya sebagai orang tua. Namun perbedaan seperti apa yang dimiliki generasi milenial sebagai orang tua dengan generasi sebelumnya?

Sebagai orang tua, milenial yang cenderung tidak dapat lepas dari teknologi memiliki kecenderungan untuk mengabadikan momen yang dianggap indah atau menarik dari kehidupan anak mereka. Tidak hanya mengabadikan momen, mereka juga mendokumentasikannya dengan mengunggah ke media sosial. Bahkan ketika anak mereka baru lahir pun sudah dibuatkan akun di media sosial merupakan tren baru. Bagi sebagian orangtua milenial  nama anak yang unik adalah penting, sebagai contoh memberikan nama anak yang puitis dan bermakna.

Selain itu, di era perkembangan teknologi digital ini tentu akan mempengaruhi cara pengasuhan kepada anak. Generasi milenial sebagai orang tua, mereka mampu menavigasi teknologi untuk mempelajari gaya parenting mereka. Misalnya mereka cenderung mencari saran, informasi, dukungan, dan pengalaman mengenai mengasuh anak melalui media sosial. Informasi yang bersumber di intenet membuat cara berpikir terbuka pada orangtua milenial. Dengan memahami ide-ide pengasuhan yang berbeda dan perspektif budaya yang beragam. Mereka dapat mempertimbangkan segala macam informasi dan opini untuk menciptakan gaya mengasuh sesuai dengan kebutuhan keluarga masing-masing.Mereka menghargai waktu dengan membagi waktu yang seimbang pada aktivitas mereka seperti bekerja dan bermain dengan anak.

Bagi para milenial yang menjadi ibu, perbedaan paling menyolok dari generasi sebelumnya adalah sama seperti diri mereka, para ibu ini juga sangat peduli pada penampilan si anak. Mereka sampai memiliki anggaran khusus untuk berbelanja pakaian dan berbagai aksesoris penunjang lain untuk memastikan anak mereka tampil gaya dan kekinian.

Perbedaan lainnya yang cukup signifikan adalah perubahan pembagian tugas dalam rumah tangga. Kalau dulu sebagian besar rumah tangga berbagi tugas dengan ibu yang mengurus rumah dan anak sementara ayah bekerja, sekarang sudah tidak lagi menggunakan pembagian tersebut. Seiring bertambahnya jumlah ibu yang bekerja, maka pembagian tugas dan peran dalam rumah tangga memiliki banyak bentuk menyesuaikan dengan kondisi dari setiap rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode