Search
Generic filters
Exact matches only

Mending Mana Duluan Sih? Makan dulu Sebelum Olahraga atau Makan Setelah Olahraga?

0
6 months ago

Kalian pasti sudah tau kalau olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi ditengah pandemi wabah virus corona yang sedang berlangsung saat ini. Dengan rutin berolahraga, dapat menguatkan imun yang ada dalam tubuh kita sehingga kita bisa terhindar dari virus corona. Selain itu olahraga juga salah satu cara untuk kalian yang sedang diet.

Selain rutin berolahraga, kalian yang melakukan diet juga harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan kalian. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan jangan lupa pula untuk minum susu.

Saat kalian akan berolahraga, biasanya kalian memulainya setelah makan terlebih dahulu atau makannya saat setelah olahraga nih? Udah tau belum mana yang terlebih dahulu dilakukan agar olahraga yang kalian lakukan lebih maksimal?

Pasti pada belum tau kan? Nah, jadi pernah ada sebuah penelitian nih yang dilakukan di Belgia yang meniliti bagaimana pengaruhnya perubahan badan orang yang makan saat sebelum olahraga dan orang yang makan saat setelah berolahraga. Ada 27 pria dengan usia muda yang dijadikan sampel penelitian. Ke 27 pria tersebut diberikan makanan yang berkalori dan mengandung lemak yang tinggi selama enam minggu berturut-turut. Kemudia para pria tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok yang makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebelum melakukan olahraga, dan kelompok terakhir adalah kelompok yang makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan tetapi dikonsumsi saat setelah olahraga.

Hasil penelitiannya tentu saja kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali mengalami peningkatan berat badan yang tinggi.

Kelompok yang makan terlebih dahulu justru malah mengalami peningkatan berat badan, walaupun peningkatan berat badan yang terjadi tidak terlalu tinggi.

Sementara kelompok yang makan setelah berolahrga justru mengalami peningkatan berat badan yang sangat rendah dan cenderung tidak mengalamin peningkatan berat badan sama sekali.

Walaupun begitu, makan sebelum berolahraga justru dapat memaksimalkan pembakaran kalori pada tubuh kalian saat berolahraga karena makanan yang kalian konsumsi tersebut menjadi sumber energi untuk tubuh kalian saat kalian berolahraga. Jika kalian tidak mengkonsumsi makanan sebelum olahraga, perut kalian justru kosong dan tidak ada energi yang digunakan tubuh untuk berolahraga. Akibatnya tubuh kalian akan cepat lemas dan olahraga yang kalian lakukan menjadi tidak maksimal dan juga tidak dapat membakar kalori secara maksimal.

Mengkonsumsi makanan yang telalu banyak saat sebelum olahraga juga tidak boleh kalian lakukan, hal itu dikarenakan justru malah dapat menganggu pencernaan saat kalian berolahraga. Ada baiknya kalian mengkonsumsi makanan 3-5 jam sebelum kalian berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode