Search
Generic filters
Exact matches only

Mengajak Generasi Muda Berpikir Kritis

0
6 months ago

Generasi muda memiliki peran penting dalam kehidupan. Terutama dalam berbangsa dan bernegara. Bagaimana tidak, masa depan negara berada di tangan mereka. Oleh karena itu generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya. Pendidik menjadi ujung tombak dalam melahirkan generasi muda yang memiliki pemikiran terbuka dan kritis. Dengan pendidikan, diharapkan generasi muda bukan hanya baik dalam hal intelektual, namun juga dalam moral serta berpikir kritis.

Di masa sekarang ketika informasi begitu mudah didapatkan, berpikir kritis merupakan keharusan yang dimiliki oleh seseorang terutama generasi muda. Berpikir kritis akan membuat seseorang tidak mudah percaya begitu saja pada informasi yang baru mereka temukan atau baca. Hal ini akan membuat seseorang terhindar dari hoaks dan provokasi.

Berpikir kritis juga dapat melatih kreatifitas, jika mendapatkan suatu informasi tidak hanya di terima dengan satu sisi tetapi memiliki pola pikir yang kreatif dapat mencari informasi tersebut apakah benar atau tidak sehingga menemukan jalan keluar dari suatu masalah. Seorang pemikir kritis selalu berpikir dalam dirinya tidak pasif menerima pemikiran dan keyakinan orang lain menganalisis semua isu, memutuskan secara benar dan dapat dipercaya. Selain itu, berpikir kritis juga akan membuat seseorang terampil dalam menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Generasi muda sejak dini harus memiliki karakter yang baikĀ  seperti memiliki pola pikir kritis, tidak mudah terprovokasi, lebih terbuka terhadap permasalahan yang ada, serta lebih kreatif dalam menemukan solusi yang tepat atas kejadian-kejadian seputar negara. Mereka harus belajar saling menyampaikan kritik dan menerima pendapat. Generasi muda adalah harapan bangsa ini untuk lepas dari berbagai keterpurukan dan siap dalam berkompetisi demi melakukan yang terbaik untuk negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode