Search
Generic filters
Exact matches only

Mengatasi Jam Kerja yang Tidak Bersahabat

0
10 months ago

Setiap kantor memiliki kebijakan yang bisa dikeluarkan secara khusus saat menghadapi sebuah situasi atau kondisi. Seperti saat memasuki Bulan Ramadan, biasanya kantor akan mempercepat waktu masuk dan pulang karyawannya. Bagi sebagian orang, perubahan jadwal ini cukup menguntungkan. Namun bagi sebagian orang lainnya, perubahan tersebut malah menimbulkan masalah baru.

Kekurangan Waktu Jam Kerja. 

Ada karyawan di bagian tertentu yang umumnya harus menghabiskan waktu lebih lama di kantor saat jadwal normal. Seperti mereka yang mengerjakan pembukuan. Ketika jam kerja dikurangi, kebanyakan dari mereka malah harus begadang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dalam situasi seperti ini, karyawan-karyawan terkait akan merasa lebih capek. Sebab suasana bekerja di kantor dan di rumah cukup berbeda. Apalagi mereka yang telah berkeluarga. Mengerjakan pekerjaan di rumah membutuhkan ekstra tenaga, waktu, dan pastinya kemampuan tinggi untuk bisa lebih fokus.

Atur Suasana di Rumah

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan berusaha membangun suasana yang mendukung di rumah. Sehingga saat kembali ke rumah, kamu bisa lanjut bekerja dan menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai di kantor. Mereka yang terbiasa dengan suasana kantor dan merasa lebih produktif ketika berada di kantor harus bisa membangun suasana berbeda di rumah.

Sederhananya, kamu bisa menyediakan space khusus di rumah, maupun ruangan kerja. Kemudian minta lah orang rumah untuk memahami situasi yang harus kamu hadapi. Misalnya dengan membuat aturan mengenai larangan mengganggu saat kamu sedang berada di space atau ruangan itu.

Jika kamu terpaksa harus begadang demi menyelesaikan pekerjaan, usahakan atur jadwal istirahatmu. Karena kesehatanmu jauh lebih penting. Terlebih saat kamu menghadapi kondisi bulan puasa yang rentan membuat kesehatanmu tidak stabil seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode