Search
Generic filters
Exact matches only

Mengatur Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan

0
6 months ago

Pemakaian gadget tanpa henti, memilih konsumsi makanan dari luar, hingga mengabaikan waktu tidur menjadi sumber dari menurunnya daya tahan tubuh. Banyak yang hanya fokus aktif rutin berolahraga tanpa memilihmenu makanan sehari-hari. Banyak juga yang hanya fokus mengkonsumsi suplemen dan vitamin saja tanpa mau bergerak aktif.

Padahal di balik itu semua, mengatur pola hidup jauh lebih penting saat kamu ingin menjaga kesehatan tubuh. Khususnya ketika kondisi lingkungan sedang tidak mendukung seperti sekarang ini. Pola hidup yang buruk akan menurunkan daya tahan tubuh yang menyebabkan tubuh kita rentan terserang beragam penyakit.

Mulai Bangun Tidur, Hingga Kembali Tidur

Sayangnya, tidak hanya sedikit saja yang gemar mengabaikan pengaturan pola hidup, tetapi sebagian besar kalangan. Apalagi seiring berkembangnya zaman, ada banyak hal yang membuat kita cenderung mementingkan melakukan aktivitas yang berdampak negatif bagi kesehatan. Contoh, memilih begadang hingga dini hari dan keesokannya bangun di siang hari.

Meski sudah jelas aktivitas tersebut kurang baik bagi kesehatan, kalangan tertentu tetap melakukannya dengan berbagai alasan. Seperti merasa lebih produktif di malam hari, ataupun lebih nyaman dengan suasana di malam hari.

Kunci dalam menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh ialah berusaha menjauhi rutinitas yang sudah jelas berisiko. Mengganti pola tidur, menjadwalkan jam tidur di waktu dini hari, serta membiasakan diri bangun menjelang siang hari adalah rutinitas yang mengganggu kerja sistem organ-organ penting tubuh..

Kamu bisa coba memasang alarm agar lebih mengingat waktu. Pasang alarm antara pukul 5 hingga 8 pagi untuk bangun tidur. Kemudian jam 9 hingga 11 malam untuk tidur. Kedua jadwal tersebut disarankan oleh para ahli kesehatan karena termasuk jadwal bangun dan tidur yang paling ideal.

Durasi tidur yang cukup dengan jadwal tepat akan membantu suasana hati jadi lebih baik. Sehingga kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih semangat, mengurangi perasaan moody, juga tentunya menjaga kesehatan mental yang tidak kalah penting. Sebelum konsumsi vitamin atau suplemen tambahan, atau pun aktif berolahraga hingga berjam-jam setiap harinya, pastikan pola hidup yang dijalani sudah tergolong pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode