Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal American Football, Football Khas dari Amerika Serikat

0
6 months ago

Football, atau yang biasa kita orang Indonesia sebut adalah sepak bola, merupakan olahraga nomor satu dunia yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan tanpa mengenal jenis kelamin, status sosia, bahkan batasan umur. Semua orang dapat memainkan olahraga ini. Walaupun menjadi olahraga yang paling digermari di dunia, football ini kurang diminati di negara Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan disana sudah ada olahraga “football” lainnya yang menjadi olahraga nomor satu disana. Bingung kan?

Jadi, di Amerika Serikat sana, football yang dimaksud adalah American Football. Olahraga ini sangat berbeda dengan football yang biasa lihat dan mainkan. Disana, football atau sepak bola disebutnya adalah soccer. Olahraga soccer atau sepak bola disana bahkan kalah populer dari olahraga basket, baseball, dan hoki es.

Sebagian besar dari kalian pasti masih bingung dan mungkin masih belum tau nih, apa sih itu sebenarnya American Football?

Olahraga ini pada awalnya di bentuk pada tahun 1879 oleh seorang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Walter Camp. Walter adalah pemain dan juga pelatih sepak bola di universitas Yale, dia lah yang mengubah serta menyatukan peraturan dari rugby dan sepakbola, sampai terciptalah olahraga bernama American Football. Dengan kata lain Walter ini adalah bapaknya American Football.

American football sering kali disamakan dengan olahraga rugby karena cara permainannya yang mirip yang sama-sama melakukan kontak fisik secara keras. Wajar saja karena permainan American football memang dikembangkan dari rugby. Sedikit berbeda dengan rugby, tidak semua pemain American football diizinkan untuk berlari membawa bola, dan perbedaan utamanya ialah “forward pass”. Permainan rugby memang identik dengan  memebrikan umpan ke belakang, sedangkan American football berjalan dengan umpan ke arah depan dari tim yang menyerang.

American Football merupakan olahraga yang dimainkan dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain yang dibagi menjadi dua jenis tim, yaitu tim menyerang (attack) dan tim bertahan (deffense). Permainan ini menggunakan bola yang disebut football (bola kaki), berbentuk oval dan berwarna coklat dan memiliki sat jahitan besar di sisi bolanya. Kedua ujung lapangan disebut bidang endzone yang merupakan daerah gawang lawan.

Untuk tim penyerang mendapat 1 set kesempatan dimana terdiri dari 4 kali down untuk bisa membawa bola sejauh 10 yard ke bidang endzone lawan. Bola dibawa dengan tangan sambil berlari atau dilemparkan kepada rekan satu tim, sampai gerak maju tim yang menyerang berhasil dihentikan tim bertahan. Cara mencetak skor adalah dengan membawa atau meletakkan bola di luar garis gawang pada sisi endzone lawan, atau menendang bola hingga melewati gawang lawan. Tim pencetak skor terbanyak setelah selesainya 4 babak permainan dinyatakan sebagai pemenang.

Pertandingan bisa berakhir seri bila tidak ada pemenang setelah diadakan perpanjangan waktu. Waktu bermain dihitung secara teliti detik demi detik, dan peraturan bermain diawasi secara ketat karena melibatkan benturan fisik antar pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode