Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Bedanya Generasi Y dan Generasi Z

0
8 months ago

Tidak pernah mendengar tentang Generasi Y? Tidak aneh mengingat Generasi Y lebih dikenal dengan sebutan milenial. Mereka yang disebut Generasi U merupakan seseorang yang lahir dalam rentang waktu 1980 – 2000. Seperti yang diketahu bersama, generasi milenial tumbuh di era perkembangan teknologi, internet dan di awal globalisasi. Hal ini membuat mereka lebih kreatif dan tertarik untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Milenial juga cenderung berpendidikan tinggi dan akrab dnegan teknologi.

Di tempat kerja mereka terkenal memiliki pola kerja yang lebih efisien. Mereka dikenal tidak menyukai peraturan yang terlalu berbelit dan mengikat juga sangat mengutamakan transparansi. Walau begitu milenial lebih tertarik untuk memiliki usaha sendiri. Ini alasan mengapa mereka tidak ragu untuk keluar dari pekerjaannya untuk mewujudkan impian.

Setelah mengenal tentang Generasi Y, sekarang saatnya untuk mencari tahu tentang Generasi. Jika Generasi Y dikenal dengan sebutan milenial maka mereka yang lagi dalam rentang tahun 1995 – 2010 disebut generasi internet atau i-generation. Tentu ini bukan tanpa alasan. Generasi Z merukan generasi yang sangat dekat dengan internet dan terbiasa untuk berhubungan melalui duni maya.

Sejak kecil mereka sudah banyak berkenalan dengan teknologi dan akrab dengan ponsel pintar. Mereka dengan mudah menemukan banyak informasi baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk pendidikan karena internet adalah makanan sehari-hari. Sayangnya, walau kreatif Generasi Z cenderung kurang fokus dibandingkan milenial. Fokus mereka dapat dengan mudah teralihkan oleh hal lain terutama hal baru. Perpindahan fokus ini terjadi dengan sangat cepat. Menurut para ahli hal ini disebabkan karena internet membuat hidup mereka serba cepat. Selain mudah kehilangan fokus, mereka juga ingin semua serba cepat atau instan hingga sering mengabaikan proses.

Generasi ini juga cenderung lebih global karena terekspos dengan dunia internet sedari kecil. Cara pandang dan berpikirnya juga menjadi lebih global dibanding generasi milennial. NamunĀ  Generasi Y dan Z sama-sama pengguna aktif internet atau media sosial, hanya saja durasi penggunaan ponsel pintar dari keduanya berbeda, Generasi Z lebih sering karena pada dasarnya mereka sangat lekat dengan teknologi sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode