Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Bekantan

0
6 months ago

Bekantan yang memiliki nama ilmiah Nasalis larvatus  merupakan salah satu jenis kera yang berasal dari hutan Kalimantan, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Kera ini memiliki ciri khas unik yaitu hidung yang panjang dan rambut yang berwarna coklat kemerahan dan menghabiskan waktunya di atas pohon.

Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina yaitu dengan ukuran yang mencapai 75 cm dengan berat 24 kg dan hidung besar dengan ukuran 10 cm sampai 18 cm. Kera Bekantan betina berukuran sekitar 60 cm dengan berat 12 kg dan memiliki hidung yang besar namun jauh lebih kecil dibandingkan dengan hidung bekantan jantan. Kera jenis ini hidup dalam berkelompok sekitar 10 sampai 30 ekor yang dipimpin oleh satu ekor bekantan jantan. Bekantan mengkonsumsi biji-bijian dan dedaunan. Habitat bekantan ini tersebar di hutan mangrove, hutan riparian dan hutan rawa, baik rawa air tawar maupun rawa gambut. Karena sebagian bekantan hidup di daerah perairan, jenis kera ini  pandai berenang di air untuk menyeberang dari tepian satu ke lainnya hingga 20 meter. Bekantan memiliki jari kaki yang dapat mendukung mereka untuk berenang.

Kera jenis merupakan salah satu jenis kera yang terancam punah akibat dari penggundulan hutan yang dimana merupakan habitat bekantan dan perdagangan bekantan yang ilegal. Menurut IUCN Red List, Bekantan di Indonesia diperkirakan kurang dari 1.000 individu dewasa dan terus menurun akibat salah satunya kerusakan habitat aslinya. Maka dari itu jenis kera ini mendapat perlindungan dari organisasi maupun pemerintah Indonesia. Maka dari itu bekantan dapat di jumpai di beberapa suaka margasatwa. Satwa ini telah mendapatkan perlindungan undang-undang bahwa satwa ini tidak boleh dijual belikan secara nasional maupun internasional. Oleh karena populasinya yang kian hari semakin sedikit,  tugas kita adalah untuk tetap menjaga dan melestarikan keberlangsungan hidup hewan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode