Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Cara Kerja Milenial Yang Unik

0
8 months ago

Generasi milenial merupakan generasi pertama yang tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi seperti ponsel dan internet. Generasi ini memang diketahui lebih mudah beradaptasi dan mempelajari hal baru, paham teknologi, kreatif serta terbiasa untuk multitasking yang membuat mereka mampu untuk mengerjakan lebih dari satu pekerjaan di saat bersamaan. Selain itu milenial juga dikenal sangat senang berkolaborasi atau kerja bersama.

Mereka yang termasuk dalam generasi ini biasanya tidak bisa lepas dari ponsel pintar. Jangan salah duga, ini bukan karena mereka kecanduan media sosial atau semacamnya. Mereka tidak bisa lepas dari ponsel pintar karena dengan ponsel pintar mereka bisa melakukan berbagai hal. Mulai dari komunikasi, membangun jaringan di media sosial sampai meeting juga dilakukan melaui ponsel mereka. Hal ini menyebabkan mereka tidak suka bekerja di organisasi atau perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi.

Cara kerja mereka yang unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya membuat banyak perusahaan berusaha untuk membangun citra baru agar generasi milenial tertarik untuk bergabung bersama perusahaan mereka. Untuk memudahkan kolaborasi maka ruang kantor diubah menjadi open space di mana setiap orang bebas berinteraksi. Perusahaan juga memastikan mereka selalu menggunakan teknologi terbaru. Satu lagi, bagi milenial bekerja tidak sekadang mendapatkan gaji, mereka lebih tertarik bekerja di lingkungan yang mereka sukai.

Lingkungan kerja yang bebas akan lebih menarik bagi generasi milenial. Bebas di sini berarti positif, dalam hal ini mereka menginginkan kebebasan untuk berdiskusi tanpa melihat usia dan jabatan karena mereka cenderung senang untuk bertukar pikiran sebagai upaya untuk memacu diri. Milenial juga lebih terbuka ketika menerima evaluasi atas pekerjaannya. Oleh karena itu para atasan disarankan untuk tidak mengkritik cara kerja tetapi fokus mengevaluasi hasil serta diharapkan atasan dapat memberikana arahan dan deadline yang jelas untuk mereka patuhi.

Cara kerja mereka yang unik juga berhubungan dengan tujuan. Mereka akan lebih termotivasi jika tahu tujuan dari pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Jika perusahaan ingin menarik perhatian generasi milenial salah satu caranya adalah dengan memberikan tujuan dan peran yang jelas kepada mereka. Walau begitu mereka juga membutuhkan fleksibilitas. Hal ini terlihat dalam penelitian yang dilakukan oleh Bentley University di mana 77% generasi millennial mengatakan bahwa mereka dapat lebih produktif di tempat kerja apabila diberikan jadwal kerja yang lebih fleksibel. Mereka percaya bahwa pekerjaan dapat dilakukan kapan dan di mana pun, berkat adanya internet dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode