Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Radiasi dan Bahayanya

0
6 months ago

Ternyata banyak orang yang salah paham mengenai radiasi. Yuk, pahami apa itu radiasi dan apa bahayanya bagi tubuh kita agar tidak terus-menerus salah paham. Radiasi sebenarnya merupakan energi yang bergerak dalam bentuk gelombang atau partikel kecil dengan kecepatan yang tinggi. Radiasi sendiri terdiri dari dua jenis yaitu radiasi ion dan radiasi non-ion.

Radiasi ion biasanya ditemukan dalam bahan-bahan yang mengandung radioaktif, partikel kosmik, dan mesin X-ray. Jika terkena paparan radiasi ion yang berlebih dapat menimbulkan resiko kesehatan bahkan sampai kematian dalam hitungan jam atau hari. Radiasi ini dapat merusak jaringan dan DNA dalam gen sehingga dapat menyebabkan kanker. Tanda-tanda yang dapat dikenali jika terkena penyakit akibat radiasi di antaranya akan merasa mual, lemas, kerontokan pada rambut, kulit terbakar, dan berkurangnya fungsi organ.

Radiasi non-ion adalah jenis radiasi yang biasa ada di sekitar kita. Radiasi ini berasal dari barang-barang elektronik yang biasa digunakan seperti microwave, ponsel, stasiun televisi, radio, dan berbagai peralatan listrik lainnya. Sebenarnya radiasi non-ion tidak seberbahaya radiasi ion, tetapi jika paparan radiasi non-ion dalam frekuensi tinggi tentunya bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Radiasi akan menyerang sel tubuh. Sel tubuh yang terpapar radiasi dalam jumlah yang rendah dapat memulihkan sendiri karena sel yang rusak akan digantikan dengan produksi sel baru. Namun, jika tubuh terpapar dalam jumlah yang tinggi maka sel yang rusak akan menjadi banyak sehingga membentuk sel kanker.

Jika seseorang berada di sekitar radiasi nuklir seperti lingkungan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) juga harus waspada. Pasalnya, reaktor nuklir yang rusak dapat mengeluarkan bahan yodium radioaktif dan cesium yang dapat menyebabkan kematian. Dampak lain dari paparan radiasi nuklir diantaranya dapat menghancurkan sel-sel dalam tubuh, menimbulkan kanker, merusak tumbuh kembang anak maupun janin pada ibu hamil, dan merusak jaringan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode