Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Sejarah Perkembangan Kung Fu

0
6 months ago

Apakah kalian tau karakter-karakter film seperti Wong Fei Hung, Yip Man, atau Po? Karakter-karakter tersebut memiliki satu kesamaan. Mereka semua mahir melakukan kung fu.

Kungfu sendiri merupakan bela diri mematikan yang berasal dari China. Kung fu bukan tak hanya melulu soal bertarung, melainkan kung fu iniĀ  memiliki makna yang justru jauh lebih luas, yaitu sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan ketekunan yang tinggi.

Kung fu pada awalnya diciptakan untuk kebutuhan manusia dalam bertahan hidup, baik saat membela diri dari serangan binatang buas, berburu binatang untuk bahan pangan, maupun untuk berperang melawan kelompok manusia lain yang dianggap sebagai ancaman. Kung fu sendiri berkembang pesat dan menjadi cikal bakal dari seni bela diri lain yang ada di kawasan Asia, yaitu di antaranya adalah Shaolin Kempo, Karate, Jujitsu, Taekwondo, Judo, Jet Kune Do, Pencak Silat, dan seni bela diri lainnya.

Seorang biksu Budha asal Tianzhu, atau yang sekarang disebut dengan India bernama Bodhidharma disebut-sebut sebagai tokoh utama dibalik terbentuknya seni bela diri kung fu. Pada jaman dahulu kala, Bodhidharma berkelana ke berbagai negara dan akhirnya sampai di kuil Siauw Liem, China pada sekitar tahun 500 M dan menetap disana sambil mengajarkan agama Budha kepada para biksu disana.

Pada suatu hari, Bodhidharma mengajarkan senam asal India yang disebut dengan 18 jurus senam penyehat tubuh kepada para biksu di kuil tersebut setelah Bodhidharma melihat para biksu tersebut terlihat lemas dan bosan dengan pembelajaran yang dilakukannya secara terus menerus.

18 jurus senam penyehat tubuh yang diajarkan oleh Bodhidharma tersebut terus dilakukan para biksu di kuil Siauw Liem tersebut sampai akhirnya Bodhidharma meninggal. Ajaran Bodhidharma tersebut sempat hilang karena tak pernah lagi dilakukan oleh para biksu di kuil Siauw Liem sampai biksu ahli bela diri berbakat bernama Ciok Yen Shang datang kesana. Ciok Yen Shang lalu mengembangkan ajaran Bodhidharma menjadi 72 jurus bersama dengan Master Lie, ahli ilmu Kim Na Jiu dan Master Pai Ie Fung, Pendekar tanpa tanding pada jaman tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kung fu shaolin lalu semakin berkembang pesat dan semakin populer di daratan China. Para master kung fu pun mendirikan tempat latihan mereka sendiri-sendiri dan menciptakan aliran kung fu mereka sendiri. Kung fu lalu semakin berkembang ke seluruh dunia dan pada tahun 2003 dibentuklah sebuah organisasi kung fu yang bernama International Kung Fu Federation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode