Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Sejarah Terbentuknya Kompetisi Basket Paling Populer di Dunia, NBA

0
6 months ago

Saat ini, kompetisi liga basket paling populer di dunia adalah National Basketball Association, atau NBA yang ada di Amerika Serikat. Kompetisi ini awalnya terbentuk dari peleburan dua kompetisi liga yang sebelumnya sudah ada lho, yaitu Basketball Association of America atau BBA dan National Basketball League atau NBL.

Kompetisi liga yang pertama kali populer di Amerika Serikat adalah NBL. Kompetisi ini terbentuk pada tahun 1937. Kompetisi tersebut terbentuk saat adanya enam tim besar bola basket saat itu yang menghimpun dalam sebuah organisasi.

Setelah NBL terbentuk, lalu muncul lah BBA yang didirikan pada tahun 1946 di kota New York. BBA dibentuk untuk mengalahkan pamor dari NBL dan mulai merekrut beberapa pemain terbaik NBL. Hal ini pun membuat beberapa penggemar NBL mulai beralih ke BBA dan kompetisi ini pun mulai mencuri perhatian banyak penggemar dan makin populer di daratan Amerika Serikat. BBA memainkan pertandingannya di kota-kota dan tempat-tempat besar seperti New York, Boston, dan lain sebagainya, sementara itu NBL masih bermain di kota-kota kecil seperti Fort Wayne, Sheboygan, dan Akron.

Pada akhirnya, kedua liga ini, yaitu NBL dan BBA memutuskan untuk melakukan merger pada tanggal 3 Agustus tahun 1949 untuk membentuk kompetisi baru yang dinamakan National Basketball Association, atau biasa disebut dengan NBA.

Kompetisi NBA ini pada awalnya hanya diikuti oleh 17 tim yang mewakili kota-kota besar dan kota-kota kecil di seluruh Amerika Serikat. Akan tetapi, pada tahun 1950 jumlah tim yang berpartisipasi malah cenderung berkurang karena semakin berkurangnya jumlah pendukung yang menonton dalam liga tersebut.

Bahkan, pada tahun 1984 tim yang mengikutin kompetisi NBA hanya tinggal 8 tim saja! Hal ini membuat NBA memutuskan untuk memperbarui aturan permainannya, salah satunya dengan melarang serangan dari sebuah tim yang melibihi 24 detik. Hal ini pun membuat antusiasme penonton kembali dan akhirnya kembali menonton NBA.

Dalam perkembangannya NBA pun akhirnya makin populer. Tak hanya di Amerika Serikat saja, diseluruh dunia pun akhirnya NBA mendapat perhatiannya. Semakin populernya NBA sejalan dengan makin bertambahnya tim-tim yang ingin mengikuti kompetisi ini. Pada saat ini, NBA sudah diikuti oleh 30 tim yang masing-masing berpusat pada satu kota. Dari 30 tim tersebut terbagi dalam dua wilayah, yaitu wilayah timur dan wilayah barat.

Wilayah timur terdiri dari tim-tim seperti Milwaukee Bucks, Toronto Raptors, Boston Celtics, Boston Celtics, Miami Heat, Indiana Pacers, Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, Orlando Magic, Washington Wizards, Charlotte Hornets, Chicago Bulls, New York Knicks, Detroit Pistons, Atlanta Hawks, dan Cleveland Cavaliers.

Sementara itu wilayah barat terdiri dari tim-tim macam Los Angeles Lakers, LA Clippers, Denver Nuggets, Utah Jazz, Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, Dallas Mavericks, Memphis Grizzlies, Portland Trail Blazers, New Orleans Pelicans, Sacramento Kings, San Antonio Spurs, Phoenix Suns, Minnesota Timberwolves, dan Golden State Warriors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode