Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Sepak Takraw, Olahraga Tradisional yang Penuh Akrobatik!

0
6 months ago

Hai, kalian para penggemar sepak bola? Adakah diantara kalian yang tau olahraga yang juga menendang bola selain olahraga futsal dan sepak bola? Pasti belum tau ya?

Olahraga yang dimaksud adalah sepak takraw. Olahraga ini menggunakan net dan sebuah bola dalam permainannya. Pada sepak takraw, terdapat unsur dari cabang olahraga lain seperti dari sepak bola dan bola voli. Olahraga ini dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Oiya, para pemainnya sama sekali tidak boleh menggunakan dan bahkan menyentuh bola dengan tangan! Bola pada olahraga ini terbuat dari anyaman rotan. Olahraga ini terdiri dari 3 pemain dalam 1 tim. Para pemain akan berdiri di sebuah lingkaran saat melakukan service.

Karena tidak boleh menggunakan dan bahkan menyentuh bola dengan tangan, dan terdapat pula net tinggi yang membatasi wilayah masing-masing tim di dalam lapangan, olahraga ini acap kali mempertontonkan aksi akrobatik dari para pemainnya dalam mempertahankan agar bola tidak jatuh di lapangan wilayahnya sendiri.

 

Dilansir dari laman Asosiasi Sepak Takraw Kanada, disebutkan bahwa Sejarah Melayu (The Malay Annals), menjadi bukti awal permainan terdapat di Malaka (Melaka), Malaysia, pada abad ke-15. Catatan sejarah tersebut menyebut nama Raja Ahmad yang membunuh rivalnya ketika bermain sepak takraw.

Ketika itu mengusir seorang putranya yang bermana Raja Ahmad karena membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga di masa Pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 – 1477) . Namun, Raja Ahmad malah naik tahta menjadi Sultan Pahang

Di Malaysia, olahraga ini mulanya dikenal sebagai sepak raga, sama seperti Singapura dan Brunei. Orang  Thailand menyebutnya takraw, di Myanmar ching loong, di Laos kator, Di Filipina sipa, dan di Indonesia rago.

Namun, ada pula yang meyakini  jika sepak takraw terinspirasi dari permainan tradisional di Cina. Permainan ini dilakukan dengan cara pemain menendang kok ke udara, menjaganya agar tak terjatuh, dan menghitung poin dari jumlah tendangan yang didapat, menyerupai permainan sepak takraw sekarang. Pemain harus memiliki keterampilan untuk menjaga bola di udara dengan tendangan kaki dan sundulan kepala.

Karena latar belakang sejarahnya yang beraneka ragam inilah asal usul Sepak Takraw masih menjadi perdebatan, terutama oleh negara Malaysia dan Thailand. Mereka merasa berhak memiliki sejarah olahraga ini karena kata “Sepak” itu sendiri berasal dari bahasa Melayu yang artinya “Tendang”, dan “Takraw” yang berasal dari bahasa Thai yang artinya “Bola”.

Federasi Sepak Takraw Internasional sendiri akhirnya lebih memilih kalau asal usul sepak takraw berasal dari Asia Tenggara.

Sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang, sepak takraw terus mengalami perkembangan. Permainan ini mulai banyak di pertandingan di sebuah Pesta Olahraga South Asia Peninsulars Games (SEAP GAMES).  Acara ini di selenggarakan setiap 2 tahun sekali yang di ikuti beberapa Negara seperti Negara Laos, Negara Thailand, Negara Singapura dan Negara Malaysia. Jumlah Negara yang mengikuti acara SEAP GAMES  di tahun 1977 semakin bertambah dengan di perluasnya Negara Asia lainnya seperti  Indonesia, Filipina dan Brunei Darusalam.  Nama dari SEAP Games juga mengalami perubahan menjadi South Asian Games atau yang sekarang lebih dikenal dengan SEA GAMES.

Karena semakin pesatnya perkembangan sepak takraw di tingkat internasional, olahraga ini menghadirkan kompetisi-kompetisi lainnya, seperti World Woman Sepak Takraw Championship, King’s Cup Thailand, Merdeka Games, World Youth Sepak Takraw Championship , Anniversary Cup dan POM Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode