Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal software testing

0
6 months ago

Software Testing bisa dibilang merupakan sebuah proses untuk menguji dari mutu, kinerja sampai dengan keamanan pada software. Proses tersebut bisa dibilang cukup memakan waktu lama karena pada proses tersebut harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh pada software tersebut supaya tidak terjadi bug atau kekurangan pada software yang baru buat serta demi keamanan pengguna dan softwarenya sendiri.

Testing pada software memiliki beberapa tujuan seperti untuk memastikan software berjalan dengan sesuai, agar mengetahui apakah terjadi error pada software. Bisa dibilang testing mempunyai tingkatan kesulitan yang cukup tinggi karena ketika melakukan testing pada software maka harus memiliki pemahaman yang baik terhadap sistem dari software yang dibuat, dibutuhkan kreativitas yang cukup bagus, ilmu tentang testing, dan metodologi testing supaya dapat melakukan software testing dengan baik dan benar.

Software testing mencegah terjadinya kesalahan pada saat membuat software. Dengan melakukan proses testing tersebut maka dapat meningkatkan kepercayaan, tingkat resiko yang dapat diterima, dapat menyediakan informasi yang dapat mencegah berulangnya error, dapat mencari error atau kekurangan pada software, kemudian testing dapat mencari sejauh apa kemampuan dari software yang dibuat serta dapat menyediakan informasi untuk kualitas produk software yang baik.

Tahapan testing diawali dari proses verifikasi, dimana proses verifikasi melakukan pengecekan dari entitas-entitas pada software tersebut. Yang kedua proses validasi. Validasi merupakan proses dimana pengecekan dalam hal fungsi dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh user. Kemudian yang ketiga yaitu proses deteksi error. Pada proses ketiga ini melakukan deteksi error pada sebuah software dan nanti jika ada error yang terdeteksi maka bisa langsung segera diperbaiki kembali. Itulah informasi singkat tentang software testing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode