Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Sumo, Olahraga Gulat dari Jepang

0
7 months ago

Apakah diantara kalian ada yang tau olahraga sumo? Buat yang belum tau nih, sumo adalah olahraga gulat yang merupakan salah satu olahraga tradisional Jepang yang masih bertahan hingga sekarang. Olahraga ini sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Beberapa negara tetangga Jepang seperti Korea dan Mongolia  juga memiliki olahraga gulat tradisional yang mirip-mirip dengan sumo. Hingga sat ini yang masih ada adalah boke di Mongolia,  ssireum di Korea Selatan dan yagli gured di Turki.

Olahraga ini tak hanya mempertontonkan kekuatan saja, akan tetapi harga diri yang berbalut dengan tradisi yang kental juga dipertahankan. Itulah mengapa pemain sumo biasanya dianggap hebat serta sangat dihormati oleh banyak kalangan masyarakat di Jepang.

Sumo sudah dikenal di Jepang sudah lama sejak zaman prasejarah. Pada literatur klasik Jepang di abad ke-8 Masehi, bentuk awal sumo lebih dikenal dengan sebutan Sumai. Sumo  yang dikenal sekarang ini agak berbeda dengan “sumo” di zaman dulu pegulat sering bertarung hingga mati dikarenakan jumlah peraturan yang ada masih sedikit.

Turnamen sumo sering di selenggarakan oleh penguasa Jepang abad ke-16 yang bernama Oda Nobunaga. Bentuk ring sumo yang dikenal sekarang ini berasal dari zaman Oda Nobunaga. Dibandingkan pakaian mawashi seperti pada zaman sekarang yang telah dibuat dari kain yang bagus dan kaku, pegulat sumo di masa Oda Nobunaga masih memakai penutup tubuh bagian bawah dari kain kasar yang longgar. Di zaman Edo, pegulat sumo bertanding dengan mengenakan mawashi bermotif indah dan gagah yang disebut kesho mawashi. Di zaman sekarang kesho mawashi hanya dikenakan pegulat sumo pada saat berparade di atas dohyō di awal pembukaan turnamen.

Sumo sering dikaitkan dengan ritual dalam keagamaan Shinto. Pada agama tersebut, pemain sumo harus melakukan ritual khusus untuk mengusir roh jahat dari arena pertandingan dan menaburkan garam suci untuk memuja Dewa kepercayaan Shinto. Sampai sekarang ini, di beberapa kuil Shinto yang ada di Jepang. masih diselenggarakan pertarungan antara pegulat sumo dengan Kami.

Saat masa menanam padi tiba, pertandingan sumo digelar sebagai cara untuk berdoa agar mendapatkan hasil panen yang baik di tahun tersebut.

Oiya, di dalam olahraga sumo ini sebenarnya kita masih bisa melihat banyak budaya tradisional Jepang lho. Kita bisa melihatnya mulai dari kostum para pemain sumo, peraturannya, sampai ikatan jambul yang ada di kepala para pemain sumo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode