Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Terapi Bekam, Pengobatan Alternatif yang Banyak Peminatnya

0
6 months ago

Pernah mendengar pengobatan melalui terapi bekam? Bekam merupakan salah satu pengobatan yang berasal dari Timur Tengah. Bekam dipercaya dapat mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. Selain itu terapi bekam dipercaya dapat melancarkan peredaran darah.

Ebers Papyrus merupakan salah satu buku kedokteran tertua di dunia yang menggambarkan bahwa orang Mesir kuno sudah menggunakan terapi ini pada tahun 1550 sebelum masehi. Kata bekam sendiri merupakan terjemahan dari bahasa Arab yaitu hijamah yang berarti membekam. Pemaknaan bekam diartikan sebagai penghisapan darah yang keluar dari permukaan kulit dengan alat yang menyerupai cawan. Cawan yang digunakan untuk terapi bisa berbahan kaca, plastik, dan silikon.

Seiring dengan perkembangannya hingga saat ini, terapi bekam memiliki dua jenis diantaranya:

Terapi bekam kering. Terapi ini menggunakan cawan kecil yang dipanaskan terlebih dahulu hingga api mengecil dan mati kemudian cawan yang terbalik akan ditempelkan di permukaan kulit selama dua menit. Setelah itu, udara di dalam cawan akan berangsur-angsur mendingin hingga tercipta ruang hampa yang menarik kulit dan otot ke atas. Setelah itu terapis akan memberikan pijatan disekitarnya.

Terapi bekam basah. Bekam basah menjadi salah satu jenis bekam yang lebih modern yaitu pompa karet. Bekam basah biasanya dilakukan setelah bekam kering dengan membuat beberapa sayatan dengan jarum. Setelah itu, area yang disayat akan dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah. Konon katanya darah yang keluar adalah darah kotor. Setelah itu luka bekas sayatan akan diolesi dengan salep antibiotik dan ditutup untuk mencegah infeksi.

Meskipun terapi bekam diklaim memiliki banyak manfaat, namun tetap ada resiko dan efek samping yang diakibatkan dari terapi tersebut. Ada baiknya tetap konsultasi dengan dokter jika masih ragu. Jika kamu merasa cocok dengan terapi ini pastikan kamu melakukan terapi di tempat dan menggunakan peralatan yang steril.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode