Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal The Yellow Wall, Tribun Legendaris dari Stadion Signal Iduna Park

0
6 months ago

Dalam sepak bola, supporter menjadi bagian penting buat tim yang sedang bertanding. Supporter bahkan disebut-sebut sebagai pemain ke 12 untuk tim yang bertanding. Dukungan supporter untuk tim kesayangan mereka sangat berarti, karena hal ini dapat memantik semangat, adrenalin, dan gairah para pemain untuk tampil dengan performa terbaik.

Ada beberapa supporter dari sebuah klub yang dikenal akan kefanatikan dan kebisingan mereka saat mendukung klub. Salah satunya adalah supporter dari klub Jerman, Borussia Dortmund.

Sudah menjadi perbincangan sana sini mengenai supporter Borussia Dortmund ini. Supporter Dortmund disebut-sebut sebagai salah satu supporter terbaik dunia. Para supporter ini akan berteriak dan bernyanyi setiap Dortmund menjalani laga kandang. Kalian hampir pasti tidak akan bisa melihat kursi kosong yang di Stadion Signal Iduna Park yang menjadi markas Dortmund. Semua tribun penuh dengan orang-orang beratribut kuning hitam khas pendukung Dortmund. Bahkan, di salah satu tribun di stadion ini terdapat tribun yang sangat ditakuti oleh hampir semua tim lawan saat akan bertandang ke markas Dortmund ini.

Tribun itu bernama Sudtribune (Tribun Selatan), atau yang lebih dikenal dengan The Yellow Wall. Tribun ini merupakan tribun yang sangat besar dan sangat berisik dibandingkan dengan tribun stadion manapun di dunia. Tribun berdiri yang sama sekali tidak ada tempat duduknya ini (akan dipasang kursi penonton untuk laga-laga Eropa) dapat menampung sejumlah 24 ribu lebih pendukung! Tak jarang tribun ini juga menampilkan koreografi-koreografi dan mozaik-mozaik yang keren dan menakjubakan.

Sudtribune dibangun pertama kali pada awal tahun 70an dengan kapasistas 12 ribu orang. Tribun tersebut lalu digandakan menjadi dua kali lipat jumlah kapasitasnya pada sekitar tahun 90an, bertetapan saat Dortmund mulai memenangi trofi dari kompetisi-kompetisi yang mereka ikuti.

The Yellow Wall ini merupakan fenomena baru dan bisa saja nantinya menandingi tribun yang saat ini masih masih memegang predikat sebagai tribun dengan daya magis yang luar biasa dan sangat disegani di klub-klub manapun di seluruh dunia, yaitu The Kop, yang merupakan salah satu tribun dari Stadion Anfield yang menjadi markas Liverpool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode