Search
Generic filters
Exact matches only

Mengenal Unity, software pembuat game

0
6 months ago

Unity merupakan salah satu game engine yang dikembang oleh technologies yang bersifat cross-platform. Maksud dari cross-platform yaitu para penggunanya dapat membuat dan merilis game tersebut ke berbagai platform yang ada seperti Windows, Linux, Mac OS, Android, iOS, PlayStation, Xbox One dan lain sebagainya. Dengan menggunakan unity maka kalian dapat membuat sebuah game baik 2D maupun 3D.

Normalnya unity hanya digunakan untuk proses pembuatan game saja dan tidak untuk membuat desain maupun modeling asset 3D. Namun jika ingin membuat desain dan modelling asset 3D maka kalian bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Blender, Max dan software sejenisnya. Text editor yang digunakan oleh unity bernama Monodevelop, di mana text editor tersebut dapat digunakan untuk coding game yang terintegrasi langsung ke dalam unity engine serta assets store yang berfungsi untuk menjadi 2D atau 3D assets gratis maupun berbayar.

Kelebihan menggunakan unity diantaranya yaitu gratis, ya unity tidak berbayar jika ingin menggunakannya cukup menggunakan versi personal edition maka kalian bisa membuat game dengan unity, unity memiliki sifat cross-platform sehingga dapat digunakan di berbagai platform, UI yang ada di unity sanga cocok untuk pemula karena user-friendly, memiliki banyak fitur, banyak tutorial untuk dipelajari secara gratis dan resmi dari unity, memiliki assets store untuk mencari assets 2D atau 3D, memiliki text editor dan unity tergolong ringan untuk sebuah game engine serta proses desain level game menjadi lebih mudah.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa unity juga memiliki beberapa kekurangan seperti butuh penyesuaian yang cukup kompleks ketika mengembangkan game 2D tanpa menggunakan plugin, perlu penyesuaian component based dan cache memory yang digunakan cukup banyak. Itulah pembahasan mengenai unity, dari pengertian sampai kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode