Search
Generic filters
Exact matches only

Metode Pendidikan Bagi Generasi Milenial

0
10 months ago

Generasi Y  yang disebut juga sebagai generasi milenial yaitu generasi dengan kelahiran 1980 hingga tahun 2000. Mereka terlahir di  perkembangan teknologi seperti televisi yang sudah berwarna, ponsel yang canggih, dan internet yang super cepat. Sehingga salah satu ciri khas generasi ini adalah mahir berteknologi, maka dari itu mereka cenderung kreatif dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. Salah satu kelebihan dari generasi milenial ini adalah cepat beradaptasi dengan teknologi.

Perkembangan teknologi juga sangat mempengaruhi karakteristik dan cara pandang generasi milenial. Oleh karena itu, mereka menjadi lebih kritis dan tak gampang menerima sembarang informasi. Penyesuaian diperlukan pada beberapa pelajaran tertentu yang sekarang sudah sangat terbantu dengan hadirnya teknologi, misalnya proses perhitungan yang sudah dimudahkan dengan munculnya kalkulator atau komputer. Teknologi dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan memberikan informasi yang dibutuhkan melalui internet. Dengan mencari kata kunci yang ingin dicari, hanya dengan mengetik kata kunci tersebut maka akan mendapatkan hasil informasi tersebut dari berbagai alternatif seperti situs, blog, dan web.

Proses belajar mengajar yang awalnya hanya berlangsung satu arah, yakni guru menjelaskan materi pelajaran dari A-Z dan murid hanya mendengarkan dan mencatat, kini sudah berganti menjadi sistem belajar dua arah. Dalam hal ini guru bukan hanya bertindak sebagai pengajar, tapi juga sebagai fasilitator agar dapat memenuhi harapan siswa untuk mengetahui lebih dalam dan detail mengenai bahan yang sedang dipelajari. Saat ini sebuah sistem belajar dimana para murid sebelumnya diharuskan mencari bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan, memahami materi tersebut di rumah dan kemudian membuat sebuah diskusi kecil di kelas. Metode seperti ini dapat membuat pelajar lebih memahami bagaimana kondisi nyata dari setiap bahan yang diajarkan dan bagaimana implikasinya terhadap kehidupan.

Kehadiran teknologi yang semakin canggih jika digunakan dengan hal-hal yang positif maka akan membawa pengaruh yang baik seperti lingkungan belajar yang kondusif. Khusus untuk generasi millenial yang sangat tergantung dan menyukai keberadaan internet dalam setiap aktivitas mereka, perubahan pola dan sistem pengajaran yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sangatlah diharapkan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode