Search
Generic filters
Exact matches only

Milenial Wajib Melek Finansial

0
8 months ago

Kemajuan teknologi membuat informasi semakin mudah diakses. Hanya dengan bantuan ponsel atau laptop kita sudah dapat menemukan apapun yang kita cari. Nah, tentu akan sangat disayangkan jika kemudahan ini hanya dimanfaatkan untuk bermedia sosial semata. Sebagai milenial sudah menjadi kewajiban untuk melek finansial karena sebagian besar generasi milenial merupakan generasi sandwich di mana selain menanggung finansial diri sendiri juga menanggung beban finansial orang tua yang sudah memasuk masa pensiun.

Selain itu, banyak ahli yang mengatakan akan susah bagi milenial untuk membeli rumah. Harga rumah yang semakin melambung hal ini juga disebabkan oleh kebiasaan buruk milenial dalam urusan finansial. Tidak sedikit milenial yang terbawa arus dan mengikuti gaya hidup kekinian juga upaya memenuhi kebutuhan untuk eksis di media sosial. Terdengar aneh tapi 40% dari milenial saat ini terlilit utang. Hanya sebagian kecil yang mengerti dan melek finansial.

Tentu kamu tidak ingin menjadi bagian dari 40% itu, bukan? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar melek finansial:

Hemat. Terdengar basi, ya? Tapi dengan berhemat dan menyesuaikan gaya hidup dengan pemasukan yang kamu miliki serta ingat untuk menabung secara rutin akan menyelamatkan keuanganmu di masa depan.

Hindari utang. Jangan baisakan diri untuk berutang. Terlebih jika kamu berutang hanya untuk memenuhi gaya hidup kekinian. Sekali kamu berutang berikutnya akan lebih mudah kamu lakukan hingga tanpa sadar kamu sudah terlilit utang dan terpaksa gali lubang tutup lubang.

Mempersiapkan biaya pernikahan. Ini yang sering luput dari perencanaan keuangan yang dilakukan oleh milenial. Biaya pernikahan, khususnya di Indonesia, tidak sedikit. Jika kamu tidak ingin keuanganmu berantakan, sebaiknya kamu segera menyiapkannya sejak dini. Kalau perlu buat rekening terpisah untuk tabungan biaya pernikahan.

Berinvestasi sejak dini. Kata investasi terdengar menyeramkan? Itu karena kamu belum mengenal apa itu investasi. Sekarang ini investasi dapat dilakukan mulai dari nominal kecil asal kamu rutin melakukannya. Selain itu ada juga yang namanya berinvestasi pada diri sendiri yaitu dengan mengikuti workshop, pelatihan atau berbagai kegiatan lain yang akan menambah kemampuan kamu.

Rencanakan, review dan wujudkan. Rencana yang bagus tidak akan berarti jika kamu tidak berusaha untuk mewujudkannya. Jadi pastikan kamu tidak hanya rutin merencanakan finansial kamu tetapi juga meninjaunya berulang sambil berusaha untuk mewujudkan rencana yang sudah kamu susun, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode