Search
Generic filters
Exact matches only

Minuman yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

0
6 months ago

Daya tahan tubuh atau yang biasa disebut sistem imun memiliki peran penting dalam kesehatan setiap orang. Pasalnya sistem imun berfungsi sebagai pelindung tubuh kita dari berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara meningkatkan dan menjaga sistem imun bisa dilakukan dengan meminum berbagai minuman sehat yang memiliki kandungan antioksidan dan berbagai vitamin serta mineral. Minuman tersebut di antaranya:

Jahe hangat. Jahe memiliki kandungan senyawa gingerol yang berfungsi untuk mencegah infeksi dan meningkatkan imun tubuh. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah. Geprek jahe dan campurkan dengan segelas air panas.

Teh serai. Berdasarkan Journal of Agriculture and Food Chemistry 2005, tumbuhan serai memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan imun tubuh.

Wedang uwuh. Minuman tradisional yang satu ini menjadi minuman menyehatkan yang berasal dari Yogyakarta. Bahan minuman ini berasal dari rempah-rempah seperti daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dan ditambah dengan gula batu sebagai pemanis. Dengan berbagai kombinasi rempah-rempah, wedang uwuh dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Selain minuman-minuman yang berasal dari tumbuhan, berbagai macam jus juga dapat meningkatkan imun tubuh seperti:

Jus jeruk. Buah jeruk menjadi buah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung vitamin C yang berperan aktif melawan infeksi dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu vitamin C juga dapat menjadi obat sariawan.

Jus semangka. Buah yang satu ini menjadi buah yang menyegarkan karena memiliki banyak kandungan air dan memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun.

Jus tomat. Jus tomat sangat efektif meningkatkan sistem imun tubuh karena memiliki kandungan vitamin C dan folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Itulah beberapa buah-buahan yang diolah menjadi jus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut juga ada beberapa kombinasi jus yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya:

  • Tomat, kale, dan seledri
  • Wortel, jeruk, dan apel
  • Bit, kunyit, jahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode