Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga Balapan Motor yang Ada di Dunia

0
6 months ago

Sebelumnya kita udah ngebahas macam-macam olahraga balapan mobil yang ada di dunia. Nah, sekarang giliran macam-macam olahraga balapan motor nih yang kita bahas. Salah satunya mungkin kalian sudah tau, yaitu Moto GP. Balapan motor yang dibahas ini balapan yang resmi ya, bukan balapan-balapan motor liar yang meresahkan dan mengganggu pengguna jalan!

Yuk, langsung aja di cek nih jenis-jenis balapan motor yang ada di dunia!

  1. MotoGP

Kalian semua pasti udah tau sama balapan motor jenis ini. Tentu saja karena balapan MotoGP merupakan balapan yang populer di dunia. Para pembalapnya pun terkenal dan bahkan masing-masing punya fansnya sendiri-sendiri.

Para pembalap seperti Marc Marquez, Alex Rins, Vinales, Andrea Innanone, sang legenda hidup Valentino Rossi, dan pembalap lainnya merupakan para pembalap yang berlaga di balapan ini. Para pembalap tersebut membawa tim dan pabrikan motor masing-masing.

Motor yang digunakan di MotoGP memiliki mesin berkapasitas 1000 cc yang kecepwtannya dapat mencapai 300 km/jam lebih! Cepet banget!

Balapan jenis ini dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu dari kelas terbawah moto 3, lalu moto 2, dan kemudian lanjut ke MotoGP. Biasanya buat para pembalap yang baru memulai karirnya akan memulai dari kelas moto 3.

  1. Superbike

Balapan superbike mirip sama dengan balapan MotoGP. Kedua motor yang digunakan pun sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1000 cc. Yang membedakan balapan ini dengan balapan MotoGP adalah motor yang digunakan di Superbike merupakan motor yang diproduksi secara massal ke masyarakat luas, bukan motor yang didesain dan dirancang khusus seperti pada MotoGP.

Para pembalap Superbike pun biasanya tidak terkenal, kecuali pembalap-pembalap yang sebelumnya pernah mengikuti MotoGP yang kemudian hijrah ke Superbike seperti Nicky Hayden, Scott Redding, Alvaro Bautista, dan pembalap lainnya. Para pembalap MotoGP yang pindah haluan ke Superbike tersebut biasanya sudah tidak dapat bersaing lagi di balapan MotoGP.

Para pembalap Superbike juga hanya membawa nama tim yang mereka bela saja, tidak membawa nama pabrikan motor seperti pada MotoGP. Oleh sebab itu para pembalap tersebut dan timnya menggunakan modal sendiri dan sponsor yang biasanya dari sponsor-sponsor kecil.

  1. Motocross

Motocross merupakan balapan yang cukup berbeda dari kedua balapan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada balapan ini track lintasan yang digunakan berupa track lintasan tanah yang terdapat gundukan-gundukan tanah yang cukup tinggi yang menjadi rintangan buat para pembalap motocross. Para pembalap motocross pun harus melompati gundukan-gundukan tersebut dengan motor mereka untuk melewati rintangan tersebut. Pada track lintasan motocross juga terdapat tikungan-tikungan yang sangat tajam. Para pembalap pun harus menurunkan sebalah kaki mereka saat akan berbelok di tikungan-tikungan tersebut agar lebih mudah melwatinya.

Motor yang digunakan pada balapan ini juga memiliki frame body yang ramping dengan menggunakan ban yang dipermukaan bannya terdapat bentuk kotak-kotak seperti tahu.

  1. Road Race

Balapan yang terakhir adalah road race. Balapan ini biasanya diadakan di negara-negara Asia. Pada balapan ini, motor yang digunakan adalah motor bebek  yang biasa diproduksi massak buat masyakat luas. Motor-motor tersebut memiliki mesin dengan kapasitas sebesar 110 cc sampai dengan 150 cc.

Ada beberapa kelas pada jenis balapan ini, yaitu kelas seeded, pemula A, dan pemula B. Balapan ini juga kerap digelar di negara kita Indonesia lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode