Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga dan Waktu yang Tepat untuk Membentuk Massa Otot Tubuh Kalian

0
6 months ago

Memiliki badan yang berisi, ramping, dan ideal adalah impian bagi setiap orang. Bentuk badan yang berisi, ramping, dan ideal akan menambah nilai lebih dalam berpenampilan.

Ada berbagai cara untuk membuat tubuh kalian agar lebih terlihat berisi, ramping, dan ideal. Kalian perlu membentuk massa otot yang ada pada tubuh kalian. Untuk menambah massa otot tersebut, kalian bisa melakukan berbagai olahraga. Biasanya cara yang cepat untuk membentuk massa otot tubuh kalian adalah dengan cara melakukan olahraga angkat beban ataupun bodyweight. Tak hanya membentuk massa otot tubuh kalian, angkat beban juga dapat membakar kalori di dalam tubuh kalian selama 24 jam!

Ada beberapa latihan angkat beban ataupun bodyweight yang bisa kalian lakukan. Jika kalian ingin membentuk otot dada dan triceps, kalian bisa latihan benchpress, dumbell incline, butterfly, melakukan latihan variasi push up seperti wide grip push up, clap push up, spiderman push up, dan lain sebagainya, dips, tricep extension, dan face pulls. Jika kalian ingin membentuk otot punggung dan biceps, kalian bisa latihan deadlift, lat pulldown, pull up, superman exercise, dumbell bent-over row, dumbbell romanian deadlift, dumbel row, barbel/dumbell curl, dan concentration curl. Sementara jika kalian ingin membentuk otot bahu dan perut kalian bisa latihan gerakan military press, side raises, front raises, shoulder shrugs, knee raises, crunches, sit up, side crunches, leg raises, dan plank.

Selain melakukan berbagai latihan olahraga di atas, kalian juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan latihan-latihan tersebut.  Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Southern Mississippi, AMerika Serikat mengenai hal ini. Pada penelitian ini, para peneiliti dari universitas tersebut meminta para atlet yang berusia muda untuk berlatih angkat beban untuk meningkatkan massa otot bokong mereka. Para atlet tadi dituntut untuk latihan tersebut sebanyak tiga kali seminggu.

Atlet-atlet tadi juga dibagi ke beberapa kelompok. Masing-masing kelompok malkukan latihan tersebut di waktu yang berbeda-beda agar para peneliti dapat mencatat hasil latihannya setelah tiga bulan. Kelompok tersebut dibagi menjadi kelompok yang latihan pada pagi hari (jam 10.00) dan kelompok yang latihan pada malam hari (jam 18.00).

Hasilnya adalah kelompok yang latihan pada malam hari terbukti mendapatkan peningkatan massa otot yang lebih besar ketimbang kelompok yang latihan pada pagi hari. Pada bulan ketiga ditemukan juga bahwa atlet yang latihan pada malam hari terlihat lebih ramping ketimbang atlet yang latihan pada pagi hari.

Hasil-hasil tersebut bisa terjadi karena menurut Lara Carlson, Ph.D., seorang profesor ilmu olahraga terapan dari Universitas New England, Inggris, olahraga pada malam hari dapat membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot. Menurutnya juga pembentukan massa otot pada malam hari akan membuat kadar hormon kortisol di tubuh kalian memuncak pada pagi hari. Hormon kortisol ini adalah hormon stres yang berguna untuk membuat kalian bangun pagi. Hormon ini berada pada puncaknya saat pukul 08:00 dan perlahan menurun seiring berjalannya hari. Ketika kalian berolahraga pada malam hari, maka tubuh kalian akan dipaksa untuk mempercepat metabolisme dan mepengaruhi hormon kortisol kalian. Artinya, tubuh akan lebih banyak membakar banyak energi yang artinya sama dengan lebih banyak otot yang terbentuk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode