Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga-Olahraga Balap Mobil yang Ada di Dunia

0
6 months ago

Buat yang belum tahu, balapan mobil juga termasuk cabang olahraga lho! Hal ini dikarenakan sama seperti atlet cabang olahraga lainnya, atlet balapan mobil juga dituntut harus memiliki fisik yang kuat! Para atlet pembalap ini juga harus melakukan latihan-latihan olahraga lain untuk menjaga badan mereka tetap sehat dan bugar. Sama seperti atlet cabang olahraga lainnya, atlet balapan mobil juga harus melakukan persiapan dan pemanasan sebelum akan bertanding.

Udah tau kan kenapa balapan mobil juga termasuk olahraga? Nah, sekarang kalian tau nggak nih berbagai macam balapan mobil yang ada di dunia? Buat yang belum tau, yuk langsung aja nih disimak macam-macam balapan mobil yang ada di dunia.

  1. Formula

Untuk balapan mobil yang satu ini pastinya kalian udah pernah tau atau pernah dengar lah ya setidaknya. Balapan formula ini menggunakan bentuk mobil yang cukup unik. Mobil formula hanya bisa dikendarai oleh 1 penumpang, atau single seater. Ban mobil pada mobil formula juga tidak tertutupi oleh body utama. Pada mobil formula juga terdapat spoiler atau sayap yang ada di depan dan di belakang. Sayap ini bertujuan untuk menambah downforce.

Terdapat beberapa kejuaraan pada balapan ini. Yang terkenal tentu saja formula 1. Selain formula 1, terdapat juga kelas dibawahnya yaitu formula 2, formula 3, dan formula 4. Selain itu, ada juga seri Indy Car yang terkenal di Amerika pada jenis balapan ini.

Biasanya, para pembalap akan memulai karirnya dari formula 4, terus kemudian apabila memiliki prestasi yang bagus akan ditarik ke kelas formula 3 dan selanjutnya ke kelas formula 2 sebelum nanti akan ke formula 1.

  1. Touring

Balapan jenis touring menggunakan mobil yang jauh berbeda dari balapan jenis formula. Balapan ini menggunakan mobil yang diproduksi massal buat masyarakat pada umumnya yang biasa kita temukan di jalanan, contohnya seperti Honda Jazz, Honda Civic, Audi A4, Toyota Yaris, BMW 320i, dan lain sebagainya.

Balapan jenis ini memiliki kompetisi yang banyak lho! Hampir setiap negara memiliki kejuaran touring nasionalnya masing-masing yang regulasinya pun berbeda-beda tiap negara. Contoh-contoh kompetisi tersebut ada British Touring Car Championship, Japanese Touring Car Championship, Australian Touring Car Championship, dan lain sebagainya. Di negara kita sendiri juga ada lho kejuara touring, namanya adalah Indonesia Sentul Series of Motorsport yang diadakan pada 2019 lalu.

  1. Stock Car Racing

Balapan mobil yang terakhir adalah balapan jenis stock car racing. Dari namanya sendiri kita bisa tau kalau balapan ini adalah balapan yang menggunakan mobil pabrikan yang tidak dimodifikasi.

Salah satu kompetisi stock car racing yang paling populer adalah National Association for Stock Car Auto Racing atau yang biasa disebut NASCAR yang memiliki track lintasan berbentuk oval. Pertandingan pada kompetisi ini dibagi menjadi 3 stage dengan total laps mencapai kisaran 200-500 laps tergantung dengan panjang track lintasan yang digunakan.

Walaupun ada istilah stock car pada kompetisi NASCAR yang berarti balapannya menggunakan mobil stock keluaran pabrik tanpa adanya modifikasi, namun sudah sejak tahun 1960an aturan tersebut ditinggalkan. Sejak saat itu, mobil yang digunakan pada kompetisi NASCAR sudah mengalami modifikasi di dalamnya, baik itu rangka, chasis ataupun mesin yang digunakan. Walau begitu tampak luar mobil NASCAR ini masih terlihat seperti mobil bawaan pabrikan.

Mungkin agar ciri khas dari kompetisi tersebut tidak hilang ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode