Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga-olahraga Tradisional yang Ada Indonesia

0
6 months ago

Olahraga-olahraga Tradisional yang Ada Indonesia

Berapa banyak jenis olahraga yang pernah kalian lakukan atau setidaknya yang kalian tau? Perlu kalian tau sendiri, ada banyak sekali berbagai macam olahraga yang ada di dunia! Kalian tentunya familiar kan dengan olahraga-olaharaga seperti lari, sepak bola, basket, futsal, voli, badminton, dan lain sebagainya. Selain olahraga-olahraga umum tersebut, ada juga lho yang disebut dengan olahraga tradisional!

Olahraga tradisional ini biasanya berasal dari tradisi dan kebudayaan dari suatu daerah tertentu. Di Indonesia sendiri juga terdapat berbagai macam olahraga tradisional. Kita semua tau negara kita kaya akan budayanya. Banyak sekali berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, olahraga-olahraga tradisional di Indonesia juga banyak sekali macamnya!

Penasaran nggak nih kalian sama olahraga-olahraga tradisional yang ada di Indonesia? Yuk, langsung aja disimak!

  1. Pencak Silat

Olahraga tradsional pertama yang ada di Indonesia adalah Pencak Silat. Pencak silat merupakan cabang olahraga bela diri yang asli dari Indonesia. Olahraga yang sudah ada di Indonesia sejak 7 Masehi ini sudah dikenal luas di negara-negara Asia bahkan dunia. Bahkan pencak silat sudah dipertandingkan di event olahraga besar baik regional, nasional, maupun internasional. Pencak silat sendiri juga merupakan 1 dari 10 warisan budaya tak benda dunia UNESCO lho!

Ada berbagai macam aliran pencak silat yang ada di Indonesia. Di Jawa Barat aliran pencak silatnya aliran cimande, Jawa Tengah aliran merpati putih, dan di Jawa Timur aliran pencak silatnya perisai diri.

  1. Tarik Tambang

Tarik tambang adalah olahraga tradisional selanjutnya yang ada di Indonesia. Olahraga ini mengandalkan kekuatan tangan, kaki, serta kekompakan tim kalian. Olahraga ini terdiri dari 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5-10 orang atau lebih. Tujuan dari olahraga ini untuk menarik pihak lawan menggunakan tali tambang melewati titik di tengah yang sudah ditentukan.

Olahraga ini biasanya dilakukan sebagai bagian dalam acara untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

  1. Enggrang

Olahraga tradisional selanjutnya ada enggrang. Olahraga ini menggunakan dua buah tongkat yang biasanya terbuat dari bambu sebagai alatnya. Dua buah bambu ini digunakan sebagai alat berdiri atau berjalan kalian yang memainkannya. Jadi, di kedua bambu ini ada sebuah pijakan untuk kaki kalian saat kalian akan berdiri atau berjalan.

Awal mula adanya olahraga ini adalah karena pada jaman dahulu digunakan untuk melewati genangan air dari banjir. Namun sekarang, olahraga ini berkembang menjadi olahraga tradisional yang bisa dimainkan oleh siapa saja.

  1. Balap Karung

Nah, olahraga yang satu ini sudah pasti kalian semua tau. Yap, olahraga tradisional ini adalah balap karung. Sesuai dengan namanya, olahraga ini menggunakan karung sebagai medianya. Cara memainkannya adalah, kalian diharuskan memasukkan kedua kaki kalian ke dalam karung, lalu kalian adu cepat dengan lawan kalian untuk memasuki garis finish.

Sama seperti tarik tambang, balap karung biasanya dilakukan sebagai bagian dari acara untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan negara kita Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

  1. Karapan Sapi

Olahraga tradisional terakhir yang ada di Indonesia adalah karapan sapi. Olahraga yang berasal dari daerah Madura ini menggunakan dua ekor sapi sebagai medianya.

Kedua ekor sapi tersebut akan diikatkan pada sebuah kereta yang akan dinaiki oleh joki atau pemiliknya, lalu kedua sapi tadi akan menarik kereta tersebut yang sudah diikatkan sebelumnya. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk balapan adu cepat dengan jarak tempuh sejauh 100 meter sampai garis finish dengan pengendara sapi lainnya.

Karapan sapi biasanya dilakukan sekitar bulan September sampai dengan Oktober (tidak ada tanggal pastinya) untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode