Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga-Olahraga yang Cocok untuk Para Lansia

0
5 months ago

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Dengan berolahraga secara rutin dapat memperkuat imun dalam tubuh kita dan membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Berolahraga juga dapat memperkuat tubuh fisik kita dan bahkan meningkatkan kualitas hidup kita.

Berapapun usia kita, kita tetap harus rajin berolahraga bahkan saat kita berusia tua nanti. Namun, olahraga yang dilakukan untuk orang yang berusia lanjut usia tentu berbeda dengan olahraga yang biasa dilakukan oleh orang yang berusia masih muda.

Menurut badan organisasi kesehatan dunia WHO, sesorang bisa dikatakan lanjut usia jika sudah berusia di atas 60 tahun. Badan organisasi dunia tersebut menganjurkan para lansia untuk berolahraga dengan intensitas  yang sedang minimal 150 menit dalam seminggu. Orang yang yang lanjut usia, atau biasa disebut lansia tidak bisa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena fisik para lansia sudah tidak terlalu kuat dibandingkan saat mereka muda dulu. Fisik para lansia yang tidak sekuat waktu mereka masih muda ini rentan sekali terkena cedera. Oleh karena itulah para lansia harus melakukan olaharaga yang cocok dengan fisik mereka.

Ada beberapa olahraga yang cocok dilakukan oleh para lansia tersebut. Berikut adalah pilihan-pilihan olahraga tersebut, check it out!

  1. Bersepeda

Bersepeda sangat cocok untuk para lansia. Hal ini dikarenakan olahraga bersepeda sangat santai dan minim sekali cedera. Bersepeda tidak banyak memiliki tekanan kepada tubuh para lansia. Para lansia justru dapat menguatkan kaki mereka karena biasanya seseorang yang sudah lanjut usia akan mengalamin kelemahan pada lutut mereka.

Dengan rutin bersepeda para lansia dapat meningkatkan sistem kerja kardiovaskular, melemaskan otot-otot pada tubuh, memperkuat jantung dan paru-paru mereka, serta dapat mengurangi ketegangan pada persedian yang dapat mengakibatkan keseleo ataupun terkilir.

  1. Berenang

Selain beresepeda, para lansia juga dapat melakukan olahraga lainnya, yaitu berenang. Berenang sangat aman untuk dilakukan oleh para lansia. Berenang sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh para lansia untuk meningkatkan kebugaran tubuh mereka tanpa resiko cedera lutut dan sendi yang rapuh. Selain itu berenang pun cocok untuk dilakukan oleh para lansia yang mengalami penyakit atau lemah jantung.

Berenang dapat memperkuat tubuh para lansia karena berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat jantung dan paru-paru, serta dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Yoga

Olahraga terakhir yang cocok dilakukan oleh para lansia adalah yoga. Olahraga yoga ini dapat mengatasi masalah persendian dan asam urat yang biasanya diderita oleh para lansia. Hal ini dikarenakan yoga dapat membuat tulang dan sendi para lansia menjadi lebih luwes dan kuat.

Yoga juga tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan dirumah aja dan bahkan dapat dilakukan di kursi roda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode